Efek Setnov, Twitter 'Panen' Twit hingga Akun Parodi Baru

Bintoro Agung , CNN Indonesia | Jumat, 17/11/2017 16:41 WIB
Efek Setnov, Twitter 'Panen' Twit hingga Akun Parodi Baru Twitter mencatat sejumlah twit dan akun parodi muncul bersamaan dengan kasus dan kecelakaan yang menimpa Setnov. (dok. CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Efek Setya Novanto di dunia internet cukup mengesankan. Semenjak kabar Setya Novanto menghilang ketika Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) datang ke rumahnya, netizen seperti tak lelah memperbincangkan sang Ketua DPR sekaligus Ketua Partai Golkar itu.

Salah satu tempat paling ramai yang membicarakan 'petualangan' Setnov ini tak lain adalah Twitter. Seperti biasa, pengguna Twitter lekas membuat topik ini jadi viral.

CNNIndonesia.com menghubungi Twitter perihal ini. Communications Manager Twitter Indonesia Priscilla Carlita mengatakan ada ratusan ribu twit terkumpul di Twitter dengan topik Setnov. 

"Ada lebih dari 280.000 tweet yang terkait dengan Setya Novanto menghilang dan kemudian berita kecelakaan beliau," ungkap Priscilla melalui pesan singkat, Jumat (17/11).

Priscilla menyebut angka itu dihitung sejak 16 Desember pukul 00.00 WIB hingga 17 Desember pukul 14.00 WIB. 

Jumlah twit terbanyak terjadi pada 16 Desember pukul 21.00 WIB dengan 21.000 twit. Menurun sedikit setelahnya, topik Setnov ini kembali ramai di 17 November sekitar pukul 12.00 WIB tadi.

Ada beberapa tagar populer yang mengiringi kabar Setnov belakangan ini. Tagar #SaveTiangListrik, #papa, #Indonesiamencaripapah, dan #tangkapnovanto secara berurutan jadi tagar paling ramai dipakai oleh warganet.

Saking hangatnya pembicaraan mengenai Setnov ini, muncul akun parodi baru seperti @tianglistrik_ID dan @bakpao_ID.

Kendati sangat ramai dibicarakan, Twitter belum membandingkan topik Setnov dengan topik populer yang pernah ada sebelumnya. 

"Kita sayangnya enggak bisa secara spesifik bilang ini adalah momen paling ramai di Indonesia karena kita nggak membandingkan dengan momen-momen politik besar lainnya," jelas perempuan yang kerap disapa Cipluk.

Ia juga menambahkan hingga pukul 14.30 saat tulisan ini dibuat, jumlah cuitan mengenai Setnov sudah menembus angka 300 ribu twit.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)