AirBnB Punya Daftar Penginapan Ramah Penyandang Disabilitas

Eka Santhika , CNN Indonesia | Sabtu, 18/11/2017 16:15 WIB
AirBnB Punya Daftar Penginapan Ramah Penyandang Disabilitas AirBnB mengakuisisi Accombable, layanan penginapan ramah penyandang disabilitas. Untuk itu, nantinya daftar penginapan di AirBnB pun akan memberikani informasi lebih detil soal dukungan fasilitas bagi para penyandang disabilitas ini (dok. Dok. Facebook/airbnb)
Jakarta, CNN Indonesia -- aKini para pengguna layanan Airbnb dapat memilih tempat menginap yang ramah untuk penyandang disabilitas. Airbnb meminta para pemilik tempat penginapan untuk memberi informasi jika fasilitas mereka memadai untuk orang-orang dengan disabilitas.

Untuk melengkapi fasilitas penginapan mereka yang ramah disabilitas, pemilik tinggal melengkapi daftar yang disediakan AirBnB mengenai berbagai kriteria bangunan yang cocok untuk penyandang disabilitas.

"Deskripsi ini ditulis dengan jelas untuk memberikan fasilitas khusus yang dibutuhkan penyandang disabilitas," tulis AirBnB dalam blognya

"Fasilitas apapun dapat menjadi berguna bagi sebagian orang. Untuk itu kami membebaskan pemilik tempat menginap untuk mendata fasilitas apa saja yang mereka miliki dan memberitahukannya kepada pengguna."

Sebelumnya, fitur disablilitas yang ada dijelaskan AirBnB sekedar informasi "dapat diakses oleh kursi roda". Tapi keterangan ini ternyata membingungkan pengguna. Sebab, tak jelas fasilitas apa saja yang mendukung hal tersebut. Sekarang, AirBnB memberikan kebebasan bagi pemilik rumah untuk memberi rincian fasilitas yang lebih detil untuk pengguna disabilitas.

Pemilik rumah yang disewakan di AirBnB bisa mencentang box fasilitas yang telah disediakan. Berapa tinggi tangga yang digunakan, apakah pintu masuk muat untuk pengguna kursi roda. Secara singkat, menjelaskan berbagai fasilitas rumah yang berguna bagi penyandang disabilitas tanpa harus bergantung pada orang lain.

Airbnb sebelumnya terkenal tidak ramah dengan penyandang disabilitas. Perubahan tradisin ini merupakan bagian dari hasil akuisisi perusahaan di bawah kepemimpinan Brian Chesky ini terhadap Accomable, seperti ditulis Engadget

Accombable adalah startup teknologi yang menyediakan penyewaan rumah dan kamar mirip dengan Airbnb namun menargetkan penyandang disabilitas.

Nantinya, daftar akomodasi Accomable ramah pengguna disabilitas yang ada di lebih dari 60 negara juga akan masuk dalam daftar penginapan AirBnB.

Saat ini Airbnb versi ramah pengguna dengan kebutuhan khusus baru dapat diakses melalui web, dan tidak lama lagi dapat digunakan dalam aplikasi Airbnb. Baik aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android dan iOS, demikian diberitakan The Verge.
(sta)