Apple Ketahuan Bakal Boyong Siri ke iMac

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 21/11/2017 11:19 WIB
Apple Ketahuan Bakal Boyong Siri ke iMac Apple dikabarkan akan memboyong fitur Siri untuk perangkat iMac. (dok. AFP PHOTO / Mandy Cheng)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple sedang bersiap mendistribusikan komputer desktop iMac Pro buatannya Desember mendatang. Salah satu kejutan yang terkuak dari iMac ini adalah bakal kehadiran Siri di dalamnya.

Rahasia Apple di iMac Pro ini ketahuan dari seorang developer iOS bernam Guilherme Rambo.


Dalam cuplikan klip yang diunggah oleh Rambo, terlihat ia sedang memasang pengaturan Siri dengan mengucapkan "Hey Siri" ke arah mikrofon komputer beberapa kali. Selain "Hey Siri", dia juga diminta mengatakan variasi sapaan kepada Siri hingga asisten suara Apple itu mengunci suara pemiliknya.


iMac Pro yang akan datang itu punya spesifikasi mentereng. Mulai dari layar berkekuatan 5K, prosesor 18-core 4,5 GHz, hingga penggunaan cip A10 Fusion. Cip tersebut sebelumnya sudah Apple pakai di iPhone 7.

Dengan spesifikasi demikian, iMac Pro akan tampil lebih segar dan superior. Salah satunya adalah fitur baru always-on Siri pertama kali untuk versi desktop.

Ini jadi salah satu langkah Apple mengejar ketertinggalannya dari Microsoft yang lebih dulu mengintegrasikan asisten suara Cortana ke komputer Windows 10.

Melalui Cortana, pengguna Windows 10 bisa mencari berkas, membuka aplikasi, hingga berselancar di internet cukup melalui suara saja. Cortana di PC juga relatif mudah digunakan.

Belum ada tanggal pasti Apple bakal meluncurkan iMac Pro dengan Siri tersebut. Namun perusahaan berlambang apel tergigit itu menyebut produknya akan muncul sebelum tahun berganti, demikian dilaporkan The Next Web. (eks/eks)