Hujan dan Angin Kencang Hiasi Langit dalam Dua Hari Kedepan

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Selasa, 28/11/2017 10:05 WIB
Hujan dan Angin Kencang Hiasi Langit dalam Dua Hari Kedepan Potensi hujan dan angin kencang akan hiasi langit Jakarta dan sekitarnya dalam dua hingga tiga hari kedepan. (dok. ANTARA FOTO/Rahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cuaca hujan disertai angin kencang diprediksi akan menghiasi langit pesisir selatan Pulau Jawa dalam dua hingga tiga hari kedepan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem ini berkaitan dengan siklon tropis Cempaka di wilayah perairan selatan Jawa Tengah. Akibatnya, potensi hujan lebat akan menghiasi area Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Sementara potensi angin kencang hingga 30 knot terjadi di wilayah Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Pulau Jawa, Selat Sunda bagian Utara, Perairan Utara Jawa Timur hingga Kep. Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan dan Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba.


Perairan Selatan Jawa Timur, Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah berpotensi menghadapi gelombang tinggi 2,5 hingga 6 meter.

Cuaca ekstrem ini berpotensi menimbulkan jalan licin, genangan, pohon tumbang, banjir, tanah longsor, hingga banjir bandang. Disamping itu, dalam keterangan resminya, BKMG juga memprediksi cuaca ekstrem ini akan memengaruhi aktivitas penerbangan dan pelayaran di Pulau Jawa. (evn/evn)