Demian dan 'Plesetan' Despacito Jadi Terpopuler di Youtube

Kustin Ayuwuragil , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 07:34 WIB
Demian dan 'Plesetan' Despacito Jadi Terpopuler di Youtube Youtube rilis daftar video terpopuler tahun ini (dok. REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aksi Demian Aditya menjadi video Youtube paling ditonton di Indonesia tahun ini dengan 23 juta penonton. Aksi sulap berbahaya Demian Aditya di America's Got Talent ini diunggah 30 Maret 2017. 

Tapi, video ini ternyata kalah populer dari video Youtube penyanyi dangdut Nella Kharisma. Video dangdut berjudul 'Jaran Goyang' itu telah ditonton 99 juta kali. Padahal video ini diunggah setelah video Demian, pada 26 April 2017.


Tak cuma itu, ternyata lagu plesetan Despacito versi bahasa Jawa juga masuk video yang populer di Indonesia. Begitu juga dengan video parodi “Baby Shark”.

Hal ini terangkum dalam "YouTube Rewind". Ini adalah rangkuman video populer di Youtube sepanjang 2017.

Video lokal

Berbeda dari tahun sebelumnya, netizen ternyata memberikan tempat bagi konten berbau lokal di 2017. Konten lokal berbahasa Jawa yang menyerempet tren dunia ternyata berhasil menyita perhatian adalah dan Despacito dalam bahasa Jawa.

"Kami senang melihat kreator dari luar Jakarta dan konten berbahasa daerah menempati daftar YouTube Rewind Indonesia tahun ini,” ujar Putri Silalahi, Products Communications Head, Google Indonesia, dalam keterangan yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (7/12).

Selain itu, 10 video terpopuler tahun ini juga ditonton tiga kali lebih banyak dari tahun lalu. Tahun ini, video populer ini telah ditonton sebanyak 129 juta kali, dari tahun lalu yang hanya 43 juta kali.

Jika dipecah perkategori, musik masih menyedot daya pikat penonton YouTube tanah air. Video musik dari Armada “Asal Kau Bahagia”, “Akad” dari Payung Teduh berhasil menempati posisi tinggi.

Popularitas ini juga menghampiri dua musisi asal Jawa Timur, Via Vallen dan Nella Kharisma. Via Vallen berhasil melambung dengan lagu populernya yang berjudul “Sayang”.

Selain itu, ada tiga video musik 'non-label besar' yang juga populer, yakni video klip milik Kemal Pahlevi, Gen Halilintar dan Young Lex.

Panggung internasional

Di kancah internasional, "Despacito ft. Daddy Yankee" berhasil jadi video yang paling banyak diputar. Video klip dari dari Luis Fonsi ini telah diputar sebanyak 4,4 miliar kali.

Sementara video musik Taylor Swift “Look What You Made Me Do” berhasil memecahkan rekor audiens terbanyak dalam waktu 24 jam setelah dirilis.

Untuk jawara video populer non-musik, dipegang oleh WorkpointOfficial dengan video "Until we will become dust - Oyster Mask | THE MASK SINGER 2". Video ini mengantongi 183 miliar penonton.

Sebagai catatan, YouTube Rewind yang dirilis tiap tahun ini membagi kategori video terpopuler berdasarkan durasi tonton (watch time), comment, likes, dan jumlah share terbanyak dari global dan Indonesia. (eks/eks)