Wuling Tarik Hampir Satu Juta Unit Kendaraan di China

Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 09:15 WIB
Wuling Tarik Hampir Satu Juta Unit Kendaraan di China Wuling menarik hampir sejuta mobil buatannya di China (dok. CNN Indonesia/Hafidz Mukti Ahmad)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wuling Motors akan menarik hampir sejuta unit kendaraan yang dijual di China. Recall terhadap 938.686 kendaraan itu dilakukan karena adanya masalah pada tangki bahan bakar.

Mobil yang ditarik itu berjenis multi purpose vehicle (MPV) bernama Baojun. Itu merupakan salah satu model favorit di negeri tirai bambu. Mobil ini telah laku sebanyak dua juta unit tahun lalu.

Masalah pada Baojun pertama diungkap oleh Badan Pengawas Kualitas China. Belum ada komentar yang dikeluarkan oleh Wuling, maupun General Motors (GM), selaku bagian dari Wuling, seperti diberitakan Reuters

GM memproduksi kendaraan di China melalui usaha patungan dengan SAIC dan Guangxi Automobile. Guangxi Automobile ini biasa dikenal dengan Wuling Motors.

Tahun ini, terjadi banyak penarikan kendaraan besar-besaran di China. China sendiri merupakan pasar mobil terbesar di dunia.

Sebelumnya, pada September lalu GM dan perusahaan patungannya di China akan menarik lebih dari 2,5 juta kendaraan karena masalah kantong udara.

Hal serupa dilakukan pula oleh Volkswagen AG dan perusahaan patungannya di China. Perusahaan gabungan itu menarik 4,86 juta unit kendaraannya. (eks/eks)


BACA JUGA