TIPS OTOMOTIF

Alasan Disk Brake Cepat Bergelombang

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 11/12/2017 05:24 WIB
Cara berkendara menjadi penentu masa pakai piringan dan kampas rem kendaraan pengguna mobil. Cara mengemudi akan menentukan masa pakai piringan dan rem kendaraan (dok. Barn Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebiasaan pengereman ketika berkendara bukan hanya untuk menentukan nyaman atau tidaknya penumpang di dalam mobil.

Hal tersebut ternyata juga bisa menjadi penentu bagi masa pakai piringan disk brake agar lebih lama dari umumnya. Semakin agresif seseorang menginjak pedal rem, akan mempercepat piringan rem bergelombangnya disk brake.

"Karena yang membuat permukaan disk brake habis itu karena agresif, membuat permukaan habisnya jadi tidak rata," kata General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman, saat dihubungi CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu (1/12).


Tipe agresif ini biasanya terjadi pada pengemudi yang gemar kebut-kebutan. Usia disk brake, akan lebih lama bila pengemudi lebih tenang ketika menginjak rem.

"Jadi selalu ngerem pelan-pelan. Nah, itu biasanya umur disk brake lebih lama," ujarnya.

Berkendara secara agresif juga akan memperpendek masa pakai kampas rem.

"Untuk rata-rata habis, kaya untuk mobil kecil seperti Yaris, tipe manual bisa 80 sampai 90 ribu kilo baru abis. Tapi untuk matik setegahnya, ya 40 ribu kilo baru kampas abis," kata Iwan. (eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK