Audi Urungkan Niat Lepas Ducati ke Kompetitor

Rayhand Purnama , CNN Indonesia | Minggu, 17/12/2017 09:09 WIB
Audi Urungkan Niat Lepas Ducati ke Kompetitor Audi diketahui mengurungkan niat menjual Ducati ke kompetitor. (dok. REUTERS/Yves Herman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar mengenai rencana Audi yang berniat melepas anak Ducati ke tangan kompetitor, akhirnya urung dilakukan. Ducati, perusahaan sepeda motor asal Italia yang kini menjadi bagian dari Audi dipastikan batal dijual.

Kepala Eksekutif Audi, Rupert Stadler mengungkap alasan pihaknya mengambil langkah tersebut. Pemangkasan anggaran yang berujung pada penghematan biaya hingga US$11,8 miliar menjadi alasan utamanya.

"Saya dapat meyakinkan Anda bahwa Ducati adalah milik keluarga Audi. Ducati merupakan implementasi sempurna dari filosofi premium kami di dunia sepeda motor," ungkap Stadler seperti dilaporkan Reuters.

Induk perusahaan Audi, Volkswagen dikethaui sempat memprotes keras rencana untuk melepas Ducati. Audi sendiri sebenarnya baru membeli bisnis Ducati pada 2012 lalu.

Namun, pada Mei 2017 ada empat perusahaan yang mengajukan diri berminat membeli Ducati. Keempat perusahaan itu diantaranya Harley-Davidson dan beberapa investor asal Italia.

Mengutip Carscoops, alasan tingginya beban biaya yang harus ditanggung Audi jika Ducati beralih kepada kendaraan nol-emisi dan otonom membuat perusahaan berkeras mempertahankannya.

Terlebih, selain mendapatkan keuntungan dari Ducati, Audi juga mengantongi keuntungan dari Lamborghini. (evn/evn)