Registrasi Prabayar Persulit Operator 'Curi' Pelanggan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 21/12/2017 13:25 WIB
Registrasi Prabayar Persulit Operator 'Curi' Pelanggan Operator mengaku akan kesulitan berstrategi untuk menggaet pelanggan operator lain dengan adanya registrasi prabayar (dok. ThinkStock/Winkzab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hutchinson Tri mengungkap bahwa registrasi prabayar membuat persaingan di industri telekomunikasi Indonesia makin ketat. Sebab, mereka jadi semakin sulit untuk menggaet pelanggan dari operator lain.

"Kalau buat operator itu buruknya gini. Ini kan kompetisi, kompetisi ini ada yang namanya 'mencuri' pelanggan [...] Nah, itu lebih susah," jelas Wakil Direktur Utama Hutchinson Tri Indonesia M Danny Buldansyah, saat ditemui usai pemaparan kinerja Dirjen PPI Kemkominfo, di bilangan Setiabudi, Jakarta, Rabu (20/12).

"Bukan mencuri," ujarnya cepat-cepat. "(Maksudnya) saya iming-imingi pelanggan lain agar pindah ke saya," tuturnya.


Terutama hal ini terjadi bagi orang-orang yang senang berganti katu karena bisa mendapat nomor baru dengan mudah.

"Dulu kita jargon beli di toko langsung kring (bisa dipakai). Orang-orang seperti itu jadi males (beli)," tukasnya kepada CNNIndonesia.com.

Menurutnya dengan adanya registrasi kartu prabayar membuat mereka kesulitan merayu pelanggan operator lain untuk menjadi pelanggan mereka juga. Sebab, pelanggan malas membeli nomor prabayar baru.

Danny lantas mencontohkan, misal ia ingin menggaet pelanggan dari operator A. Maka, ia membuat produk yang lebih bagus supaya pelanggan mau pindah ke layanannya.

"Itu lebih susah karena kalau saya pindah, (berarti) saya mesti registrasi lagi dan sebagainya, ada tambahan barrier, karena sebelumnya ngga."

Ia juga menjelaskan kalau strategi jualan murah untuk menggaet pelanggan operator tetangga juga jadi lebih sulit dilakukan.

"Dulu operator yang biasanya jualannya murah dapet pelanggannya lebih banyak (bisa lebih) gampang gitu loh. itu satu sisi kompetisi agak susah."

Meski demikian, Danny tetap mendukung registrasi prabayar yang dilakukan pemerintah. Sebab, menurutnya hal secara keseluruhan berdampak baik untuk industi. (eks)