Xiaomi Bakal Luncurkan TV Pintar Tahun Depan

Kustin Ayuwuragil , CNN Indonesia | Kamis, 21/12/2017 04:31 WIB
Xiaomi Bakal Luncurkan TV Pintar Tahun Depan Xiaomi, perusahaan asal China, berencana memboyong televisi pintar ke pasar Indonesia pada tahun depan. (Foto: Courtesy Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi tidak hanya menjalankan bisnis ponsel pintar. Merek asal China yang juga punya ekosistem bisnis IoT (Internet of Thing) itu hendak mengeluarkan produk televisi pintar ke pasar Indonesia, tahun depan. 

“Saat ini kami sedang hangat-hangatnya membahas produk apa yang paling pas untuk pasar di Indonesia tahun depan. Mungkin kami akan meluncurkan TV,” ungkap pendiri sekaligus CEO Xiaomi, Lei Jun, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (20/12) di Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta.

Xiaomi juga mengaku tak khawatir mampu membawa produk tersebut di Indonesia meski saat ini pemerintah berwacana untuk mengaplikasikan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada produk-produk IoT tahun depan.

“Mengenai produk TV, mau TKDN-nya berapa persen pun kami pasti akan mengikuti peraturan pemerintah,” aku dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail mengatakan TKDN berada dalam aspek peta jalan ekosistem Internet of things (IoT).

Selain TKDN, peta jalan juga akan mengatur frekuensi dan standardisasi peranti. Saat ini, pemerintah masih mendiskusikan panduan tersebut dengan pemangku kepentingan.

Roadmap dibuat untuk mengantisipasi pertumbuhan pesat bisnis IoT di Indonesia.

Merujuk riset global Gartner, potensi nilai perangkat IoT Indonesia akan mencapai US$300 miliar, sementara data IDC menilai potensinya bisa menembus Rp1,7 triliun pada 2020. (asa/arh)