Uji Produk

Sepekan Bersama Xiaomi Redmi 5A

Kustin Ayuwuragil , CNN Indonesia | Selasa, 02/01/2018 17:00 WIB
Xiaomi Redmi 5A (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Xiaomi Lei Jun mengakui bahwa Indonesia akan menjadi negara berikutnya yang menjadi fokus perusahaan. Menyadari bahwa masyarakat tanah air mencintai fitur kamera pada ponsel pintar berharga miring, Xiaomi mengusung Redmi 5A ke Indonesia.

Jika di negara asalnya ponsel ini dijual sekitar Rp1,3 juta, Redmi 5A hanya dijual dengan harga Rp999.999. Xiaomi bekerjasama dengan beberapa perusahaan termasuk operator untuk memberikan harga tersebut.

Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing, Xiaomi Global, sempat menyatakan harapannya bahwa ponsel ini akan menjadi raja dari seluruh ponsel kelas pemula di Indonesia.

CNNIndonesia.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal Xiaomi Redmi 5A dengan varian warna abu-abu sejak 21 Desember 2017. Seperti apa performanya?

Desain versi kecil Redmi 4

Xiaomi tak banyak mengubah desain dari perangkatnya. Tak sedikit yang sepintas menyadari kemiripan desain Redmi 5A dengan Redmi 4 atau bahkan Redmi Note 4.

Ponsel ini terbuat dari plastik namun memiliki pinggiran dari logam yang membuatnya terasa solid di genggaman. Beratnya 137 gram dengan dimensi 140.4 x 70.1 x 8.4 mm.

Sepekan Bersama Xiaomi Redmi 5AFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma

Ukuran tersebut membuatnya seperti versi lebih kecil dari Redmi 4 yang memiliki dimensi 141.3 x 69.6 x 8.9 mm. Ponsel tersebut juga lebih ringan sebab Redmi 4  memiliki berat 156 gram.

Kendati dimensi keduanya berbeda, faktanya Redmi 5A membawa layar 5 inci Redmi 4. Layar tersebut juga membawa resolusi 720x1280 piksel. 

Redmi 5A memiliki tombol daya dan volume suara di sisi kanan ponsel, sebuah kamera depan, slot USB-C, dan port audio 3,5mm. Sementara serta slot kartu dan memori microSD tersimpan di 'laci' di sisi kanan.

Yang jelas membedakan adalah ketidakhadiran pemindai sidik jari di punggung Redmi 5A. Selain itu, speaker Redmi 5A diletakkan juga di bagian punggung bawah, bukan di bawah layar.
(eks/eks)
1 dari 4