Youtuber Populer Mulai Sulit Tambah Fans Baru di 2017

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 02/01/2018 12:40 WIB
Youtuber Populer Mulai Sulit Tambah Fans Baru di 2017 Pelanggan baru para 'influencer' dunia menurun (stux/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Statistik terbaru menunjukkan sejumlah Youtuber tenar mulai kesulitan mengumpulkan penonton baru. PewDiePie dan Zoella adalah contoh Youtuber papan atas yang mengalami hal tersebut.

Sebagai Youtuber paling terkenal, PewDiePie biasanya berhasil meraup ratusan ribu pelanggan baru tiap bulannya. Namun belakangan, pelanggan baru di kanal pria bernama asli Felix Kjellberg itu makin berkurang.

Statistik dari situs Social Blade memperlihatkan bahwa pelanggan baru di kanal PewDiePie melambat sejak Januari 2017 sampai sekarang. Titik terendah pelanggan baru kanal per bulan milik PewDiePie terjadi pada 1 September 2017 yang hanya mencapai 215.220


Padahal pada Mei hingga Juni 2017, angka pelanggan baru vlog PewDiePie sempat menanjak cukup tajam. Namun setelah Juni, angka itu justru terus turun.

Hal yang sama terjadi pada Zoella. Sebagai Youtuber perempuan paling populer, Zoella asal Inggris ini bahkan secara statistik lebih mengkhawatirkan ketimbang PewDiePie dalam hal penambahan pelanggan baru bulanan di kanalnya.

Mencatat 300.000 pelanggan baru dalam sebulan di April 2015, kanal Zoella mengalami tren negatif yang konsisten semenjak itu.

Tak pernah sekali pun pelanggan video per bulannya menyentuh angka itu lagi. Bahkan 1 Desember 2017, Zoella hanya mampu menarik 16.230 pelanggan baru.

Daniel Middleton alias DanTDM yang dikenal sebagai vlogger Minecraft pun bernasib serupa. Sejak Januari 2017, subscriber baru kanal per bulannya terus turun hingga Oktober.

Tak hanya jumlah subscriber yang pertambahannya yang melambat, jumlah tayangan video PewDiePie, Zoella, dan DanTDM pun makin sedikit.

Kendati demikian ada beberapa pengecualian terhadap tren penurunan jumlah penonton Youtuber super. Philip DeFranco yang memiliki kanal The Philip DeFranco Show punya jumlah tayangan yang terus meningkat selama 2017.

Pasangan Ethan dan Hila Klein dengan nama kanal H3H3Productions juga melawan tren negatif tersebut. Tayangan per bulannya terus naik selama 2017 kemarin.

Sejatinya belum diketahui dengan pasti penyebab turunnya performa kanal-kanal populer seperti PewDiePie, Zoella, atau DanTDM. Namun dugaan paling kuat adalah algoritma Youtube yang bermasalah, demikian dilansir Business Insider. (eks/eks)