Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari Petani

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 04/01/2018 12:42 WIB
Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari Petani Ilustrasi petani (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah penggiat startup teknologi mulai ramai merambah usaha untuk membantu meningkatkan taraf hidup petani.

Berbagai inovasi coba ditawarkan, mulai dengan memanfaatkan teknologi agar hasil pertanian jadi lebih baik, usaha bantuan modal pertanian dengan sistem pendanaan crowdsourcing, hingga memperpendek jalur distribusi antara petani dengan konsumen akhir dengan e-commerce.

Khusus untuk memperpendek jalur distribusi antara petani dengan konsumen, empat aplikasi ini memberikan solusinya.


RegoPantes, Limakilo, Sayurbox, dan Etanee adalah aplikasi yang menjajakan produk sayur, buah, hingga hasil ternak langsung ke konsumen akhir.

CNNIndonesia.com sempat menjajal empat aplikasi ini. Secara keseluruhan, kelemahan layanan yang ditawarkan adalah di sisi pengiriman. Pengiriman dari petani ke konsumen tak bisa dilakukan dengan segera. Pengiriman baru bisa dilakukan dalam rentang dua hari hingga empat belas hari.

Bagi mereka yang mencari produk organik, solusi ini mungkin bisa jadi pilihan. Sebab, nyaris semua layanan memberikan opsi untuk membeli produk organik. Meski memang harus toleran dengan waktu pengantaran yang tak bisa segera.

Aplikasi ini memang sepertinya tidak untuk semua orang. Wim Prihanto, co-founder RegoPantes sendiri menyebutkan aplikasi ini memang menargetkan ibu-ibu muda yang peduli dengan masalah sosial.

"Seperti (peduli terhadap) nasib petani," ujarnya menjelaskan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (3/1).

CNNIndonesia sempat menjajal keempat aplikasi ini, berikut ulasannya.

RegoPantes

Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari PetaniSitus Rego Pantes (regopantes.com)

Berbelanja produk segar di Rego Pantes hanya bisa dilakukan lewat situsnya. Aplikasi yang tersedia di Play Store Android hanya bisa digunakan oleh petani. Mereka bisa memasukkan produk segar apa saja yang akan dijual.

Untuk melakukan pembelian, pengguna harus melakukan login terlebih dulu. Pembayaran tersedia dengan transfer ke beberapa rekening bank.

Pembelian bisa dilakukan jika barang yang dipesan sudah lebih dari 4kg. Pengiriman dilakukan 7 hari setelah pemesanan. Pengiriman menggunakan GrabParcel. Tarif GrabParcel untuk pengiriman di hari yang sama Rp20.000 dengan maksimal 7kg. 

Limakilo

Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari PetaniSitus Limakilo.id (limakilo.id)
Produk segar yang dibeli dari limakilo bisa dipesan dari situs dan aplikasi. Aplikasi tersedia di Android App Store saja, belum tersedia untuk perangkat iOS.

Produk yang dijual sudah dibungkus dalam paket dengan berat tertentu. Maksimal pemesanan 100 paket. Tersedia pilihan sayur dan daging.

Aplikasi tidak menampilkan seluruh komoditas, melainkan hanya menampilkan kategori produk pilihan dan produk terbaru saja. Pilihan lebih lengkap ada di situs limakilo.

Untuk pemesanan, ada minimal jumlah harga pemesanan yaitu Rp90 ribu. Saat ini baru ada satu bank yang menjadi mitra aplikasi.

Pengiriman menggunakan tarif datar Rp15 ribu. Sayang, tidak ada informasi tentang berapa lama pengiriman akan dilakukan dan kapan produk akan sampai di tangan konsumen.

Sayurbox
Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari PetaniSitus Sayurbox (sayurbox.com)

Aplikasi ini ditampilkan menarik. Tak cuma menjual sayur dan buah sayurbox juga menawarkan produk makanan sudah jadi seperti salad dan smooties.

Pengguna bisa menentukan tanggal pengiriman produk. Rentang waktu pengiriman adalah dua sampai delapan hari setelah pemesanan.

Ongkos kirim Rp20 ribu dan ada promo gratis ongkos kirim untuk minimal pembelian Rp150 ribu. Pengiriman barang terbatas hanya untuk wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Pemesanan bisa dilakukan di situs dan aplikasi. Aplikasi tersedia untuk Android dan iOS.

Etanee
Menjajal 4 Aplikasi dan Situs Beli Sayur Buah dari PetaniSitus Etanee (etanee.id)

Pengiriman dapat dilakukan ke langsung ke beberapa alamat. Biaya pengiriman Rp17 ribu dan ada opsi ambil di tempat sehingga tak harus dikirim ke rumah. Barang yang bisa dibeli untuk grosir saja.

Tidak ada informasi tentang jumlah hari pengiriman atau hari pesanan sampai di tangan konsumen. Lokasi pengiriman terbatas. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer ke beberapa bank.

Demikian empat aplikasi untuk berbelanja langsung kepetani. Jika oengguna membutuhkan aplikasi belanja yang segera di toko swalayan atau pasar terdekat, ada juga aplikasi yang menyediakan layanan tersebut.

Happy Fresh dan Tumbas.in adalah contohnya. Happy Fresh fokus ke pengguna yang ingin berbelanja produk segar di toko swalayan. Sementara Tumbas.in adalah aplikasi di Semarang yang memberi layanan berbelanja produk segar di pasar tradisional. (eks/eks)