Young, 'Astronaut Paling Berpengalaman AS' Meninggal Dunia

ANTARA/Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 07/01/2018 23:23 WIB
Young, 'Astronaut Paling Berpengalaman AS' Meninggal Dunia John Young, astronaut pria yang berjalan di bulan pada 1972 meninggal dunia dalam usia 87 tahun.
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan kabar duka, Sabtu (6/1). John Young, pria yang berjalan di bulan pada 1972 meninggal dunia dalam usia 87 tahun.

Young, "astronaut Amerika paling berpengalaman", menghembuskan napas terakhir pada Jumat (5/1) malam setelah mengidap penyakit radang paru-paru.

"Hari ini, NASA dan dunia kehilangan seorang perintis," kata pejabat pelaksana Kepala NASA Robert Lightfoot.


Young yang melakukan perjalanan ke ruang angkasa sebanyak enam kali adalah manusia ke sembilan yang menapakkan kakinya di bulan.

Dia terbang ke antariksa dua kali dengan program Gemini NASA pada pertengahan 1960-an, dua kali dengan Program Apollo, dan dua kali dengan pesawat ulang alik pada 1980-an. Dia adalah satu-satunay orang yang terbang ke ruang angkasa dalam tiga program.

Young pertama kali terbang sebagai astronaut pada 1965. Saat itu, ia bergabung dengan Gus Grissom di Gemini3.

Gemini 3 merupakan pesawat pertama yang dikendalikan manusia pada program awal penerbangan luar angkasa pembawa manusia milik NASA.

Program tersebut membantu badan antariksa AS itu mempersiapkan pendaratan Apollo di bulan.

Pada 1996, Young terbang ke angkasa luar sebagai Komandan Gemini 10, yang merupakan misi pertama untuk menyatu dengan dua pesawat antariksa dalam perjalanan penerbangan tunggal.

Ia juga mengitari Bulan dalam Apollo 10 pada 1969 dan mendarat di sana pada 1972 sebagai Komandan misi Apollo 16.

Pada 1981, Young menjadi Komandan STS-1, misi ulang-alik luar angkasa pertama.

Sejumlah kalangan menganggap misi tersebut sebagai "uji coba penerbangan paling berani dalam sejarah." Dua tahun kemudian, dalam STS-9, yang merupakan penerbangan luar angkasa terakhirnya, Young mendaratkan pesawat pesawat antariksa itu dengan api muncul di ujung pesawat, menurut NASA.

Young pensiun dari NASA pada 2004 setelah 42 tahun berkiprah.

"Dalam segala hal, dia (Young, red) adalah astronautnya astronaut. Kami akan merindukannya," kata  Lightfoot.



Mantan Presiden Amerika Serikat George HW Bush menyebut Young, "lebih dari sekadar seorang teman baik."

"Dia adalah patriot tanpa rasa takut yang keberanian dan komitmen pada tugas membantu bangsa kita kembali ke horizon penemuan di saat-saat yang kritis."

Young seharusnya memimpin penerbangan ke ruang angkasa pada 1986, namun ditangguhkan setelah meledaknya pesawat ruang angkasa The Challenger setahun sebelumnya. (nat)