Aksi Komika Joshua dan Ge Pamungkas Pancing Celoteh Netizen

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 09/01/2018 15:10 WIB
Aksi Komika Joshua dan Ge Pamungkas Pancing Celoteh Netizen Materi stand up comedy Joshua Suherman dan Ge Pamungkas mengundang celoteh netizen lantaran diduga melakukan pelecehan agama. (dok. CNN Indonesia/ Endro Priherdityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Celoteh netizen kembali meramaikan linimasa media sosial. Kali ini, aksi panggung komika Joshua Suherman dan Ge Pamungkas yang menyita perhatian.

Pasalnya, kedua komika ini diduga melecehkan agama Islam saat membawakan materi stand up comedy. Lawakan tersebut membuat keduanya diserang netizen di media sosial, seperti Twitter.

Bahkan, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) akan melaporkan komika Joshua Suherman ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Selasa (9/1). Ketua FUIB Rahmat Himran menyebut materi lawakan yang dianggap melecehkan agama adalah saat Joshua membandingkan popularitas Anisa Rahma, mantan personel Cherrybelle.

"Dia bilang alasan kenapa Anisa lebih unggul adalah karena Islam. Terus teriak mayoritas tidak bisa dikalahlan di negeri ini," kata Rahmat saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (8/1).

Netizen pun angkat bicara dan mulai meramaikan lini masa Twitter dengan berbagai hashtag seperti #TangkapGeDanJoshua, #BoikotGePamungkas dan #BoikotJoshua.

Ada netizen yang mengganggap bahwa lawakan komika tersebut memang tidak lucu. Namun, tidak serta merta harus ditangkap. Sebagian netizen ini melihat perilaku komika ini bukan melecehkan agama, namun perilaku manusia.



Tak sedikit pula yang menanggapi aksi dua komika tersebut dengan lawakan atau sebagai sebuah aksi yang tidak perlu dibesar-besarkan.



Karena lawakannya tersebut, FUIB berencana melaporkan Joshua dengan jerat pasal 156 huruf a KUHP tentang penistaan agama. Namun mereka terbuka jika ada tambahan pasal setelah berbincang dengan kepolisian di Bareskrim Polri. (age/age)