VIDEO: Alex Rusli Bicara Tarif Promo & Ekspansi Operator

Ervina Anggraini & Bintoro Agung & Muhammad Amas, CNN Indonesia | Senin, 22/01/2018 13:54 WIB
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan CEO dan presiden direktur Indosat Ooredoo, Alexander Rusli mengungkap alasan operator yang dahulu dipimpinnya kerap mengumbar tarif promo. Dalam wawancara eksklusif kepada CNNIndonesia.com, Alex mengaku itu hanya salah satu strategi pemasaran yang dilakukan timnya untuk melakukan subsidi silang dan kerap menggunakan strategi sejalan dengan langkah hukum ekonomi mengenai supply dan demand.

Namun, Alex tidak menampik jika strategi umbar tarif tak lantas menjadikan perusahaan telekomunikasi meraup keuntungan dari sisi keuangan. Sebalinya, untuk menarik keuntungan ia berharap biaya operasional menjadi lebih rendah agar harga jual juga ikut turun.

Salah satu langkah yang menurut Alex bisa ditempuh agar operator meraih profit yakni dengan melakukan network sharing. Meski saat ini hal itu masih belum mendapat persetujuan pemerintah, ia meyakini suatu saat network sharing akan berjalan lantaran kebutuhan telekomunikasi sudah dianggap sebagai komoditas.

Lebih dari itu, ia juga mengungkapkan alasan operator di luar grup Telkom yang baru belakangan melakukan pembangunan di berbagai daerah di Indonesia.