Instagram Uji Fitur Tambahkan GIF di Stories

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 24/01/2018 00:28 WIB
Instagram Uji Fitur Tambahkan GIF di Stories Instagram kabarnya tengah menguji agar gambar format GIF bisa digunakan di Stories (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram dikabarkan tengah menguji fitur baru yang memungkinkan penggunanya mengunggah gambar bergerak dalam format GIF di Stories.

Gambar berformat GIF itu muncul didapat dari layanan Giphy, layanan penyedia dan pencari gambar bergerak GIF. Kerjasama antara Facebook dengan Giphy membuat fitur pencarian gambar GIF itu bisa diakses juga di Instagram. Sebab, sebelumnya GIF dari Giphy juga bisa digunakan di Messenger milik Facebook.

Saat hendak memasukkan stiker di Stories, pengguna bisa melakukan pencarian gambar GIF. Kolom pencarian yang biasa tertulis "Search" pun menampilkan tulisan "Search Giphy". Saat diketik, maka akan muncul berbagai stiker GIF yang terkait dengan kata kunci yang diketikkan.


Kabarnya, fitur ini diuji untuk pengguna di beberapa negara, seperti Indonesia, Brazil dan Filipina. Namun, saat dicoba, tidak ditemukan fitur pencarian GIF yang dimaksud.

Pihak perusahaan belum memberikan pernyataan resmi terkait fitur tersebut. Saat ditanyakan, Instagram hanya memberikan jawaban diplomatis.

"Kami selalu menguji berbagai cara untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam memakai layanan Instagram," jelas perwakilan Instagram, seperti dikutip The Verge pada Kamis (18/1). (sat/eks)