Siri Bakal Bisa Membacakan Berita Bagi Pengguna Ponsel

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Kamis, 25/01/2018 11:49 WIB
Siri Bakal Bisa Membacakan Berita Bagi Pengguna Ponsel Apple dikabarkan membut fitur baru agar Siri bisa membacakan berita. (dok. AFP PHOTO / Mandy CHENG)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan menyematkan fitur baru untuk asisten digital berbasis suara miliknya, Siri.

Pengguna kini dapat meminta Siri untuk membacakan berita utama baginya. Tidak hanya itu, Siri juga dikabarkan dapat memberi audio berformat digital atau podcast berisi berita secara instan saat pengguna memintanya.

Sumber berita yang dibuat default dihadirkan oleh asisten digital tersebut setiap harinya adalah The Washington Post. Meski demikian, pengguna dapat menambahkan sumber berita lainnya, seperti Fox News, NPR dan CNN sesuai dengan permintaan.


Audio digital atau podcast akan dimainkan lewat aplikasi Apple Podcast. Walau demikian, audio digital yang diputar tidak akan menjadi feed pada aplikasi tersebut.

Fitur Radio pada aplikasi Apple Music yang juga berfungsi memutarkan audio digital dari berbagai sumber berita pada seksi News and Sports tidak akan terkoneksi dengan fitur Siri ini.

Fitur yang sudah lebih dahulu ada di speaker pintar Apple, HomePod, dikabarkan bakal hadir di iOS versi 11.2.5 yang dirilis dalam format beta kemarin (23/1), demikian diberitakan The Verge.

Hal ini memberikan angin segar bagi pengguna Apple, sebab saat ini Siri hanya membacakan berita utama dan menyalin tautan berita dari aplikasi Apple News.

Bagi yang belum memasang aplikasi Apple News, mereka hanya akan mendapatkan berita utama yang diambil dari Safari, mesin peremban buatan Apple. Fitur anyar pada Siri ini tentu merupakan suatu perubahan yang baik.

Meski demikian, Apple seakan tertinggal dari Google dan Amazon yang sudah lebih dulu menyisipkan fitur serupa pada asisten digital berbasis suara mereka, yaitu Google Assistant dan Alexa.



(evn)