Komparasi Esemka Garuda 1 dan Mobil China Foday Landfort

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 10:42 WIB
Komparasi Esemka Garuda 1 dan Mobil China Foday Landfort SUV Esemka Garuda 1. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil Esemka kembali menjadi bahan perbincangan usai beredarnya foto-foto SUV Esemka Garuda 1. Foto tersebut menampilkan mobil sedang diangkut menggunakan truk dan Garuda 1 tak menggunakan sehelai benang pun untuk menyamarkan identitasnya.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, Esemka Garuda 1 mirip dengan SUV asal China yakni Foday Landfort.

Antara Esemka Garuda 1 dan Foday Landfort memiliki banyak kesamaan di bagian buritan. Misalnya, desain pintu belakang, rear upper spoiler, list chrome, wiper, stop lamp, bumper hingga reflektor yang sama persis.
Perbedaan antara keduanya hanya pada logo dan penyematan emblem yang masing-masing memiliki arti.


Sementara di bagian sampingnya kembali memiliki kemiripan. Mulai dari pilar a hingga c desainnya sama persis. Bentuk kaca kecil di belakang pilar c pun antara keduanya seperti pinang dibelah dua. Beranjak ke bagian pintu samping, masing-masing mobil menggunakan desain handle pintu yang sama.

Foday Landfort, tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.4-liter dan mesin diesel 1.9-liter. Untuk sistem penggeraknya all-wheel-drive (AWD) dan rear-wheel-drive (RWD). Dan spesifikasi Esemka Garuda 1 masih dirahasiakan.
Komparasi Esemka Garuda 1 dan Mobil China Foday LandfortFoto: Screenshot via instagram.com (@foday_automobile)
Sejak awal, PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) yang merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) akan memproduksi massal Garuda 1 di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah.

Hingga saat ini, CNNIndonesia.com belum bisa menghubungi AM Hendropriyono sebagai pemimpin PT ACEH.

Sekadar pengingat, sebelum Esemka Garuda 1, beredar foto Esemka Digdaya yang diduga adalah Foday F22, pikap asal China. Artinya akan ada dua mobil produksi Esemka yaitu Digdaya dan Garuda 1, sesuai rencana PT SMK sejak 2012. (mik)