Siswa Lulusan SMK Dilibatkan Produksi Esemka

Muhammad Ikhsan, CNN Indonesia | Rabu, 31/01/2018 16:31 WIB
Siswa Lulusan SMK Dilibatkan Produksi Esemka Foday diduga mirip Esemka Garuda 1. (Screenshot via instagram.com (@foday_automobile)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Adiperkasa Citra Esemka Her (ACEH) disebutkan akan mulai menjual mobil-mobil Esemka tahun ini. Dua model Esemka yang beredar di jalanan sebagai bukti keseriusan mereka.

Nantinya, PT Aceh akan tetap melibatkan siswa-siswi SMKN terbaik di Indonesia. Seperti diketahui, perakitan Esemka turut melibatkan siswa-siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo sejak 2012, salah satunya SMKN 2 Solo.

"Ya nanti lulusan SMKN akan dilibatkan. Jadi memang mereka (siswa-siswi SMKN) tidak dilupakan," kata sumber kepada CNNIndonesia.com, Rabu (31/1).
Sejak di awal kemunculan mobil Esemka, merek ini mempromosikan produknya ke seluruh Indonesia, bahkan sejumlah pameran-pameran otomotif lokal yang digelar di sejumlah kota di Indonesia dihadiri mobil-mobil Esemka seperti kota Lampung, Cirebon, dan Jakarta.


Menurutnya, untuk anak-anak yang masih berstatus siswa dilibatkan dalam praktik kerja lapangan (PKL), seperti yang telah terjadi selama ini.

Saat ini, PT Aceh telah memiliki pabrik mobil Esemka yang dibangun di Boyolali, Jawa Tengah.
Untuk diketahui, PT Aceh merupakan gabungan dari PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Awalnya, Esemka dibangun oleh PT SMK yang melahirkan SUV Rajawali, Rajawali R2, Digdaya I, Bima 1,5- 1,1- 1,3, Esemka Hatchback, Esemka Surya. Terakhir adalah Digdaya dan Garuda 1.

Menarik adalah Esemka Garuda 1 mirip dengan SUV asal China yakni Foday Landfort, meski Esemka Garuda 1 hanya menampilkan bagian belakang dan sisi samping sebelah kiri.

Antara Esemka Garuda 1 dan Foday Landfort memiliki banyak kesamaan di bagian buritan. Misalnya, desain pintu belakang, rear upper spoiler, list chrome, wiper, stop lamp, bumper hingga reflektor yang sama persis.
Perbedaan antara keduanya hanya pada logo dan penyematan emblem Esemka dan Garuda 1 di sisi belakang. Sedangkan mobil China menggunakan tulisan China di sisi kiri bagian belakang dan Landfort di sisi kanan.

Foday Landfort, tersedia dalam pilihan mesin bensin 2.4-liter dan mesin diesel 1.9-liter. Untuk sistem penggeraknya all-wheel-drive (AWD) dan rear-wheel-drive (RWD). Dan spesifikasi Esemka Garuda 1 masih ditutupi sampai waktu peluncuran tiba. (mik)