Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun

The New York Times, CNN Indonesia | Minggu, 04/02/2018 12:16 WIB
Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun Makam kuno berusia 4.400 tahun yang baru ditemukan di Mesir, diduga milik Hetpet, seorang pendeta wanita untuk Harthor, seorang dewi yang diasosiasikan dengan kesuburan, keibuan, dan cinta. (AFP PHOTO / MOHAMED EL-SHAHED)
Jakarta, CNN Indonesia -- Arkeolog di Mesir menemukan sebuah makam berusia 4.400 tahun yang berisi lukisan-lukisan dinding langka dan diyakini milik seorang pendeta kuno di Mesir.

Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Mostafa Waziri menyebut, makam tersebut diduga milik seorang pendeta wanita bernama Hetpet.

"Makam itu dalam kondisi sangat baik. Ada penggambaran aktivitas masyarakat tadisional saat itu, berburu binatang, menangkap burung, mempersembangkan kurban, tentara, dan mengumbulkan buah-buahan," ujar Waziri, dikutip dari The New York Times, Minggu (4/2).

Hetpet adalah seorang pendeta untuk Hathor, seorang dewi yang digambarkan sebagai seekor sapi dan diasosiasikan dengan kesuburan, keibuan, dan cinta. Pendeta tersebut diyakini berada dekat dengan bangsawan kuno Mesir pada dinasti kelima.


Menteri Benda Antik Mesir Khaled el-Enany menjelaskan,gambar di dinding makam menunjukkan aktivitas perburuan dan penangkapan ikan hembel. Dinding tersebut juga menggambarkan tarian dan pertunjukan musik, serta monyet, yang merupakan binatang piaraan.
"Hetpet adalah pejabat tinggi yang memiliki hubungan kuat dengan istana kerajaan," ujar Enany.

Enany mengatakan temuan tersebut merupakan penemuan pertama tahun ini. Penggalian pun akan terus berlanjut pada situs tersebut untuk mencari penemuan baru.
(agi/agi)