Induk Perusahaan Line Gandeng Xiaomi, Kawinkan AI dan IoT

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 06:07 WIB
Induk Perusahaan Line Gandeng Xiaomi, Kawinkan AI dan IoT Ilustrasi berbagai perangkat cerdas besutan Xiaomi (CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia --
Naver, perusahaan induk Line, menjalin hubungan bisnis dengan Xiaomi. Kedua perusahaan sepakat untuk bermitra dalam memproduksi Internet of Things (IoT).
Barang IoT memerlukan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dalam operasionalnya. Dalam kerja sama di atas, Naver akan berperan sebagai penyedia AI untuk perangkat IoT buatan Xiaomi.
Naver, yang berasal dari Korea Selatan, sudah cukup lama memperkenalkan produk AI mereka yang yang bernama Clova, singkatan dari cloud virtual assitant. Namun ini pertama kalinya mereka mengumumkan kerja sama dengan Xiaomi.
Mengutip dari laman ZDNet, AI dari Clova dan Xiaomi akan terikat satu sama lain demi meningkatkan teknologi masing-masing.
Selain ponsel cerdas, Xiaomi memproduksi beragam produk teknologi. Mulai dari power bank, kamera, tablet, jam tangan digital, televisi, drone, hingga perangkat IoT.
Untuk IoT, mereka bahkan berencana meluncurkan 80 produk baru di Korea Selatan.
Xiaomi sebelumnya dikabarkan sukses merajai pasar ponsel cerdas di India. Mereka menyalip penjualan Samsung yang sudah bertahan cukup lama.

Secara global, performa bisnis ponsel cerdas mereka juga moncer. Lembaga riset bisnis, IDC, mencatat pengiriman ponsel Xiaomi meroket mencapai 28,1 juta unit di kuaral keempat 2017, naik 96,9 persen dibanding tahun sebelumnya.
Naver pun tak kalah agresif. Setelah meluncurkan smart speaker Clova Wave, mereka lantas menggandeng LG untuk membuat smart spekaer lainnya yang juga ditenagai oleh Clova berama ThinkQ Hub, demikian disebutkan Venture Beat.



(eks/eks)