Google Bawa Gaya Ekspresionis Modersohn-Becker dalam Doodle

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 06:41 WIB
Google Bawa Gaya Ekspresionis Modersohn-Becker dalam Doodle Paula Modersohn-Becker merupakan sosok pelukis ekspresionis asal Jerman. (Foto: Google Doodle)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada tanggal yang sama 142 tahun lalu, pelukis ekspresionis asal Jerman lahir. Paula Modersohn-Becker lahir tepat pada 8 Februari 1876.

Seninya menjadi saksi keberanian dan ambisinya yang sangat mempengaruhi karier yang singkat namun produktif. Modersohn-Becker sudah bersentuhan dengan dunia intelektual sejak dia masih kecil.

Dia tumbuh di Dresden-Friedrichstadt dan memulai usaha artistiknya sebagai mahasiswa di Bremen, dan pada usia 18, pindah ke koloni seorang seniman di Worpswede.
Dari situlah dia bertemu dengan calon suaminya, tapi rasa penasarannya untuk belajar lebih banyak membawa dia pindah ke Paris untuk belajar.


Pada tahun-tahun berikutnya, kehidupan pribadinya mengalami banyak perubahan. Tapi melalui semua turbulensi, dia terus melukis.

Pada 1906 saja, dia menghasilkan lebih dari 80 gambar. Lukisannya menjelaskan kecepatan sebagai kebutuhan untuk menebus dua dekade pertama yang 'hilang' dalam hidupnya.
Sebagai garis ekspresionis awal, dia bergabung dengan orang-orang seperti Pablo Picasso dan Henri Matisse dalam memperkenalkan modernisme ke seluruh dunia. Modersohn-Becker dikenal karena pilihannya yang berani sebagai seniman.

Baik penggambaran tokoh wanita telanjang (di antara seniman wanita pertama yang melakukannya), atau wanita yang menyusui anak-anak mereka. Dia dengan gigih menolak harapan ketat yang dipegang wanita di masanya, lebih memilih eksplorasi dan melukis lebih tradisional.

Doodle hari ini mencerminkan gaya artistiknya yang menggambarkan subjek dalam negeri, dan diilustrasikan oleh duo Golden Cosmos yang berbasis di Berlin. (age/age)