Samsung Berpotensi Tak Hadiahi Note8 Kepada Atlet Korea Utara

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 08:23 WIB
Samsung gamang jelang Olimpiade musim dingin mendatang. Pasalnya, kemungkinan besar mereka tak boleh bagikan ponsel seri note anyar mereka untuk atlet Korut. Samsung gamang jelang Olimpiade musim dingin mendatang. (Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung sedang bingung dalam penyelenggaraan Olimpade musim dingin di Korea Selatan mendatang. Pasalnya, mereka tak bisa memastikan apakah atlet Korea Utara boleh menerima Galaxy Note 8.

Produsen ponsel cerdas terbesar di dunia itu rencananya akan membagikan 4.000 unit Galaxy Note 8 ke semua atlet dan ofisial yang mengikuti Olimpiade musim dingin 2018 di Pyeongchang. Hal itu dimungkinkan karena Samsung menjadi mitra resmi penyelenggaraan turnamen.

Galaxy Note 8 yang dibagikan adalah edisi terbatas dan tidak boleh dijual kembali.
Niat Samsung membagikan Note 8 untuk membantu peserta mengabadikan momen bersejarah selama Olimpiade berlangsung. Namun, mereka baru sadar bahwa memberikan sesuatu ke Korut bisa melanggar sanksi global yang sedang berlaku.


Korut mendapat sanksi global dari Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) akibat program nuklirnya yang ambisius. Sanksi itu melarang suatu negara mengirim atau menyuplai barang mewah ke wilayah Korut ataupun ke warga negaranya.

Seperti diketahui harga satu unit Galaxy Note 8 tidak murah. Samsung melabelinya mulai dari Rp13 juta hingga Rp13,5 juta kala pertama kali diluncurkan.
Komite Olimpiade Internasional menganjurkan agar peserta dari Korut boleh menerima Galaxy Note 8 tersebut. Pertimbangannya, semua atlet harus diperlakukan setara terlepas dari kebangsaannya.

Kendati demikian, penyelenggara setempat belum yakin dengan keputusan yang harus diambil.

"Seseorang harus membuat keputusan yang jelas tapi sejauh ini tak ada. Jadi kami belum memberikan ponsel tersebut dan kami tak bisa memberikannya sampai ada kepastian bahwa itu tidak melanggar sanksi PBB," ucap juru bicara panitia Olimpiade Pyeongchang, Sung Baik-yoo, seperti dikutip dari International Business Times.

Olimpiade Pyeongchang akan berlangsung mulai 9 Februari sampai 25 Februari 2018. Pada ajang akbar itu, Korut mengirimkan 22 atletnya. (age/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK