Bus Milik Moeldoko Menampakkan Diri

Muhammad Ikhsan, CNN Indonesia | Kamis, 08/02/2018 11:00 WIB
Bus Milik Moeldoko Menampakkan Diri Bis MAB besutan Moeldoko. (Screenshot via instagram.com (@ moeldoko_)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bis Mobil Anak Bangsa (MAB) besutan Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mulai terkuak keberadaanya sebelum dikenalkan melalui pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) pada 1 - 4 Maret 2018.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, bis tersebut menampakkan diri dalam akun media sosial Moeldoko_. Moeldoko tampak mengunggah sejumlah foto bis warna putih dan menjelaskan bahwa bis itu adalah hasil karya anak negeri. Ada layar bergerak di bagian depan bis yang menampikan kata 'MAXVEL'.

"Mengikuti Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo untuk memperkenalkan karya anak negeri Mobil Anak Bangsa.... Ini bukti bahwa anak negeri kita bisa melakukan hal yg positif dan pandai-pandai.... Ini juga wujud anak bangsa yg kreatif dan giat membangun bangsanya tanpa banyak ngomong.....," tulis Moeldoko.


[Gambas:Instagram]

Diberitakan sebelumnya, perusahaan bis itu berdiri sejak 2016. Bis tersebut melibatkan perusahaan China dan Jerman dalam pengembangannya. Kerjasama dilakukan guna memperoleh suku cadang yang tidak tersedia di Indonesia.

"Kalau untuk chassis prototype kedua untuk pameran, kami desain sendiri. Kami kerjasama sama produsen chassis China atas rekomendasi lisensi dari ide ada Jerman karena mengejar waktu 1 Maret," ungkap salah satu pekerja MAB.

MAB disebutkan sudah punya sejumlah model untuk pasar dalam negeri. Jika tidak ada aral melintang, bis masuk dapur produksi pertengahan 2018. Adapun Indonesia menjadi basis perakitan untuk memenuhi pasar domestik.

(mik)