Netizen Soroti Hoaks dan Kesejahteraan Wartawan

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Jumat, 09/02/2018 14:31 WIB
Netizen Soroti Hoaks dan Kesejahteraan Wartawan Foto: ponce_photography/pixabay
Jakarta, CNN Indonesia -- Ucapan Selamat Hari Pers Nasional hari ini mengalir dari masyarakat Indonesia. Tak hanya instansi pemerintahan, kampus hingga grup band Sheila On 7 juga menuliskan harapannya untuk jurnalistik Indonesia.



Ketua MPR Zulkifli Hasan melalui @InfoMPRI berharap pers mampu merekatkan persatuan dengan independensi, menjaga kredibiltas informasi & taat pada kode etik untuk melawan hoax.




Kekhawatiran hoaks ini juga disoroti oleh beberapa akun Twitter netizen Indonesia lainnya. Mereka berharap hoaks menjadi musuh bersama untuk dibasmi.





Penyebaran hoaks berhubungan erat dengan tahun politik 2018 dan 2019. Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, berharap di tahun politik, pers mampu menjadi oase untuk mengawal demokrasi.



Selain itu, netizen juga menyoroti kesejahteraan dan kebebasan pers yang masih memprihatinkan. Diharapkan, kedua hal tersebut akan semakin membaik.





Hari Pers Nasional jatuh pada 9 Februari dirayakan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI No. 5 tahun 1985 yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Januari 1985.

Dalam situs Hari Pers Nasional 2018, Panitia HPN menerangkan bahwa hari bersejarah ini diperingati sebagai ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. (eks/asa)