Pengguna Internet Dominasi Pelanggan XL

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Selasa, 13/02/2018 18:10 WIB
Pengguna Internet Dominasi Pelanggan XL Pengguna internet XL terus meningkat (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT XL Axiata hari ini melaporkan penguatan jumlah pendapatan tahun lalu di sepanjang 2017. XL Axiata mengatakan telah mencatat kinerja yang kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utama, yaitu 69 persen.

Jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Dari total 53,5 juta pelanggan XL Axiata per ahir tahun 2017, tercatat 72 persen dari total pelanggan atau 38,3 juta pelanggan telah menggunakan ponsel pintar. Angka ini meningkat 32 persen dari capaian tahun lalu. Sementara itu, jumlah pelanggan yang aktif mengkonsumsi layanan data juga telah mencapai 73 persen," terang Yessi Yeyostya, CTO XL Axiata.

Jika dibandingkan dengan traffic penggunaan data pada 2014, traffic di 2017 disebut Yessy sudah naik 10 kali lipat di perusahaan. Kini trafik data seluruh jaringan XL Axiata telah mencapai 1.280 TB berkat besarnya pengguna smartphone.

Lebih lanjut dia menerangkan bahwa kenaikan trafik data dan pendapatan tahun lalu disokong perluasan jaringan berkelanjutan ke wilayah-wilayah dengan permintaan yang tinggi meski berada di luar. Perluasan itu kemudian mendorong pertumbuhan yang kuat pada pendapatan dan traffic dari wilayah luar Jawa.

"Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata sudah mencapai sekitar 93 persen dari populasi di Indonesia, sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi," lanjutnya.

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata diklaim telah menjangkau 360 kota/kabupaten di Indonesia. XL Axiata mengaku telah memiliki 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

"Dari total BTS yang dibangun sepanjang itu, 60 persen di antaranya berada di luar Jawa. Mulai dari Kalimantan, Sulawesi, bahkan hingga ke Labuan Bajo pun sinyalnya sudah bagus," ungkap Yessy.

Rata-rata pendapatan per pengguna (average revenue per user - ARPU) untuk pengguna XL Axiata (XL dan Axis) adalah Rp33 ribu. Secara total, XL Axiata telah membangun 101 ribu BTS dan menggelar 40 km kabel fiber optik di seluruh Indonesia per akhir 2017. (eks/eks)