Bus Listrik Moeldoko Pakai Desain Karoseri Laksana

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Rabu, 14/02/2018 15:27 WIB
Bus Listrik Moeldoko Pakai Desain Karoseri Laksana Foto bagian depan bus listrik MAB milik Moeldoko (Screenshot via instagram.com @ moeldoko_)
Jakarta, CNN Indonesia -- Laksana, perusahaan karoseri asal Jawa Tengah, mengaku terkejut saat melihat wujud bus bertenaga listrik dari Mobil Anak Bangsa (MAB). Pasalnya desain bus tersebut ia kenali sebagai rancangan milik Laksana untuk model Cityline Transjakarta.

Technical Head Manager Laksana Stefan Arman, mengaku melihat wujud dari perusahaan bus nasional yang dikepalai oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko itu dari beberapa pemberitaan.

"Saya juga terkejut pas pertama lihat bis tersebut. Ya saya kira mereka (MAB) mau ngembangin (desain) sendiri, tapi pakainya kok model itu (Cityline)," kata Stefan saat ditemui di Ungaran, Jawa Tengah, Kamis (14/2).


Meski MAB dianggap 'diam-diam' memakai desain miliknya, namun hingga kini belum ada pembahasan antara MAB dengan Laksana.

Namun, Stefan menganggap hal tersebut bukan jadi masalah berarti. "Ya tidak apa-apa (desain dipakai), tidak masalah," ucapnya.

Rancangan Cityline sendiri menurut Stefan dibuat antara 2015-2016. Saat itu pihak Transjakarta memesan bus dengan chasis Mercedes-Benz sebanyak 100 unit.

Saat itu ada empat karoseri yang turut serta dalam proyek itu. Dari empat karoseri ini, desain buatan Laksana yang terpilih dan dijadikan standar oleh karoseri lain dalam membuat order 100 unit Transjakarta.

"Tapi (Transjakarta) minta distandarkan modelnya. Jadi transjakarta milih modelnya kami (cityline) sebagai standar. Makanya semenjak itu banyak yang pakai modelnya kami, kaya kaca depan, lampu juga," kata Stefan. (eks/eks)