Mitsubishi Kirim Mobil Listrik ke Pemerintah Akhir Bulan Ini

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Sabtu, 17/02/2018 16:56 WIB
Mitsubishi Kirim Mobil Listrik ke Pemerintah Akhir Bulan Ini Mitsubishi i-MiEV. (OSX via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motor Corporation (MMC) bakal melakukan serah terima kendaraan ramah lingkungan kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada 26 Februari 2018.

Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Kyoya Kondo mengatakan sedikitnya ada 10 kendaraan listrik yang diserahkan dalam program uji coba.

Kemenperin akan menerima delapan sport utility vehicle (SUV) Outlander plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) dan dua i-MiEV, kendaraan bertenaga listrik murni. Tidak lupa, ada empat unit pengisian listrik kendaraan yang dihibahkan.
"Akan kami serahkan langsung kepada Menteri Perindustrian, berikut juga dengan unit pengisiannya," kata Kondo di Jakarta, Kamis (15/2) malam.


Dengan menghibahkan kendaraan tersebut, menurutnya, diharapkan dapat mendukung proses pengembangan mobil 'hijau' di dalam negeri. Sebab, Kondo pun melihat pemerintah sedang berambisi menyiapkan strategi dalam menekan emisi gas buang kendaraan.

Kondo menambahkan, dalam pengembangan tersebut nantinya mobil-mobil itu bakal diuji coba di berbagai lembaga dan universitas di dalam negeri.
"Tugas kami mendukung study percepatan kendaraan listrik di Indonesia," kata Kondo.
Pada Desember lalu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sempat berbicara terkait keinginan menggelar uji coba kendaraan listrik pada akhir 2017.

Uji coba tersebut, dikatakan Airlangga sebagai bentuk penelitian untuk merancang produk regulasi atau biasa disebut low carbon emmision vehicle (LCEV). (mik)