Partai Garuda Dominasi Pencarian di Google

Anugerah Perkasa, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 19:12 WIB
Partai Garuda Dominasi Pencarian di Google Ilustrasi pengurus partai peserta Pemilu 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Garuda diketahui menjadi hal yang mendominasi pencarian di Google selama lima hari terakhir, dibandingkan dengan tiga partai baru yang lolos untuk ikut Pemilu 2019.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu mengumumkan 14 partai peserta Pemilu 2019. Empat partai pendatang baru yang lolos adalah Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Berdasarkan penelusuran dari Google Trends atas keempat partai pendatang baru ini dalam seminggu terakhir (17 - 21 Februari 2018), Partai Garuda merupakan partai politik yang paling banyak dicari di Google," demikian keterangan resmi Google Indonesia, Rabu (21/2).



Google Indonesia menyatakan pencarian selanjutnya disusul oleh Partai Berkarya, PSI dan Perindo. Partai Garuda, demikian temuan tersebut, juga mendominasi pencarian di mesin pencari di seluruh wilayah Indonesia.

Partai Garuda dipimpin oleh Ahmad Ridha Sabana. Partai itu didirikan pada 16 April 2015.

"Wilayah Banten, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Kepulauan Riau dan DKI Jakarta menjadi lima wilayah dengan popularitas pencarian Google tertinggi untuk Partai Garuda," kata Google Indonesia.

Di sisi lain, walaupun belum melampaui Partai Garuda di seluruh wilayah, Partai Berkarya juga menjadi kata yang relatif mendominasi pencarian. Pencarian itu berada di wilayah Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur. (asa)