Nokia dan Vodafone Bakal Gelar 4G di Bulan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 28/02/2018 15:11 WIB
Nokia dan Vodafone Bakal Gelar 4G di Bulan Vodafone dan Nokia akan pasang teknologi 4G di Bulan (AFP PHOTO / JOSH EDELSON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan 4G yang akan digelar oleh Vodafone dan Nokia di bulan. Digelarnya layanan 4G ini merupakan bagian dari misi perusahaan ekplorasi luar angkasa asal Jerman, PTScientists.

Jaringan yang digelar Vodafone menggunakan infrastruktur yang disediakan Nokia ini akan digunakan sebagai jalur komunikasi antara sesama mobil eksplorasi Audi dan dengan base station.

Layanan 4G ini juga bisa langsung mentransmisikan streaming permukaan bulan pada video berkualitas HD (definisi tinggi).


Nokia sendiri akan menjadi penyedia infrastruktur tiang BTS bagi layanan internet yang digelar Vodafone. Tiang-tiang ini akan dikirimkan ke bulan pada 2019 menggunakan roket milik SpaceX. Peluncuran akan dilakukan di Cape Canaveral Air Force Station di Florida, Amerika Serikat.

"Proyek ini melibatkan pendekatan invatif yang radikal terhadap pengembangan infrastruktur jaringan mobile," jelas Dr Hannes Ametsreiter, CEO of Vodafone Jerman.

Jaringan ini juga akan membuat komunikasi luar angkasa lebih hemat energi. Sebab layanan mobile lebih hemat energi ketimbang radio analog.

"LTE lebih hemat listrik dan energi yang digunakan untuk mengirimkan data, sehingga bisa lakukan lebih banyak untuk ilmu pengetahuan," jelas Robert Böhme, CEO of PTScientists, seperti dikutip The Telegraph

Eksplorasi ini dilakukan untuk menjajaki apakah ada lokasi yang potensial untuk hunian manusia di bulan.

Ditempatkannya koneksi 4G ini diharapkan jadi langkah pertama untuk menciptakan infrastruktur komunikasi misi bulan berikutnya.

Misi ini merupakan kali pertama eksplorasi luar angkasa pertama yang didanai menggunakan dana pribadi. (eks/eks)


BACA JUGA