Sulit Registrasi, Ada Situs yang Beri Nomor KK & NIK Gratis

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 16:46 WIB
Sulit Registrasi, Ada Situs yang Beri Nomor KK & NIK Gratis Ilustrasi smartphone (REUTERS/Peter Nicholls)
Jakarta, CNN Indonesia -- Beredar pesan di layanan perpesanan yang isinya menyertakan situs yang bisa memberikan NIK dan KK tak dikenal untuk melakukan registrasi. Situs dengan alamat https://ktp.us.to itu bisa mengeluarkan KTP dan KK tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan registrasi kartu.

Saat dicoba, NIK dan KK yang ada di situs bisa digunakan untuk registrasi. Hal ini seperti diungkap oleh Ismail, seorang warga Jakarta. Ia berhasil meregistrasikan kartu prabayar miliknya menggunakan nomor yang keluar disitus ini.

Padahal sebelumnya ia selalu gagal meregistrasikan kartu prabayar menggunakan NIK dan KK miliknya.
"Sudah 20 kali mungkin saya coba registrasi dengan NIK dan KK milik saya, tapi selalu dibilang ada ketidak cocokan data dan diminta untuk hubungi Dukcapil," tuturnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (1/3).


"Padahal saya tidak pernah mengganti KTP dan KK, KTP saya juga sudah e-KTP," lanjutnya.

Karena registrasi selalu gagal maka ia mencoba solusi yang ditawarkan oleh situs yang ia dapat dari grup perpesanan teman-temannya itu.

Ismail menyebut bahwa NIK dan KK yang ia dapat dari situs tersebut berhasil digunakan untuk registrasi di salah satu operator. Tapi, saat ia coba untuk meregistrasikan di operator lainnya, ia mendapat pesan kalau NIK dan KK yang ia pakai sudah melewati batas maksimum pemakaian.

Sulit Registrasi, Ada Situs yang Beri Nomor NIK dan KK GratisTangkapan layar dari pengguna yang berhasil melakukan registrasi prabayar menggunakan nomor NIK dan KK yang diambil dari situs tersebut (Screenshot via Ponsel Ismail)

Hal serupa dialami oleh M. Pinta, seorang warga Yogyakarta. Ia mengaku kesulitan untuk mendaftarkan NIK dan KK miliknya sebelum masa registrasi berakhir.

"Saya kemarin coba dua kali registrasi (pakai NIK dan KK sendiri) tapi ngga ada respon. Terus, saya coba pakai NIK dan KK yang ada disitus ini langsung berhasil," tuturnya saat dihubungi CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon.

Ia mengaku mendapat solusi untuk melakukan registrasi lewat situs ktp.us.to dari grup WhatsApp.

"Saya dapat situs itu dari temen-temen di grup WhatsApp. Sebab, banyak juga yang susah registrasi. Mereka akhirnya coba NIK ama KK dari situs ini dan berhasil. Saya juga coba," lanjutnya.

Menurutnya situs tersebut sudah menyebar di grup Whatsapp sejak tiga hari sebelum masa registrasi berakhir.

CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengonfirmasikan hal ini, namun masih belum mendapat tanggapan. (eks/eks)