Spesifikasi Lengkap Bus 'Hijau' Moeldoko

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 19:16 WIB
Spesifikasi Lengkap Bus 'Hijau' Moeldoko Bus hasil produksi PT Mobil Anak Bangsa (MAB) tampil di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo di Jakarta hari ini, Kamis (1/3). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satu bus listrik hasil karya Mobil Anak Bangsa (MAB) tampil dalam pameran khusus kendaraan komersial di Jakarta hari ini, Kamis (1/3).

Meski masih purwarupa, bus ramah lingkungan ini hadir berbeda lantaran tidak menggendong mesin konvensional.

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang menjadi pimpinan MAB mengatakan untuk tahap awal bus listriknya sebagai angkutan penumpang di bandar udara karena mobilitas tidak terlalu tinggi. Ini sekaligus bentuk maket bus listrik di Indonesia.
Kesiapan MAB memproduksi massal bus listrik di Indonesia ditunjukkan dengan menampilkan bus lantai rendah (lower deck) yang memiliki panjang mencapai 12 meter.


Lebar bus ini mencapai 2.500mm dan tinggi 3.720mm. Sementara jarak sumbu rodanya 5.950 mm, dengan ground clearence 250 mm.

Bus 'hijau' ini disokong pendingin udara TSD-LE Sanden dengan spesifikasi 400-800 VDC. Sedianya, bus ramah lingkungan ini dapat menampung 60 penumpang. Bus ini tersemat motor listrik HYYQ 800-1200 dengan tipe permanent magnetic synchronous motor atau PMSM.


Diklaim MAB, tenaga yang dihasilkan sebesar 200 kW atau setara 268,2 Hp dengan torsi maksimal 2.400 Nm. Torsi mesin yang dihasilkan lebih besar dari bus-bus konvensional yang beredar di Indonesia. Contoh Mercedes-Benz OH1526 mesin kapasitas 6.400cc hanya mampu menyemburkan torsi 950 Nm.

MAB membekalinya dengan baterai LifePo 576 V 450 Ah. Baterai itu berkapasitas 259,2 kwh dengan berat 2.290 kg.

Dalam satu kali pengisian baterainya dapat menempuh jarak 250 km. Sedangkan mengisi dayanya dari posisi kosong sampai penuh membutuhkan waktu tiga jam. Pada uji coba internal, bus ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 70 km per jam.
Bus 'hijau' milik MAB menggunakan karoseri New Armada. Interior bus itu sudah didesain layaknya angkutan umum di dalam airport dengan menempatkan kursi-kursi secukupnya guna menciptakan ruang lebih untuk penumpang. (mik)