Kominfo Sebut Situs Berikan NIK dan KK Gratis 'Pelanggaran'

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 01/03/2018 18:09 WIB
Kominfo Sebut Situs Berikan NIK dan KK Gratis 'Pelanggaran' Ilustrasi (dok. janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut bahwa situs yang membagi-bagikan nomor NIK dan KK gratis adalah pelanggaran dan akan ditangani.

"Itu pelanggaran. Kami sudah koordinasi dengan Ditjen Aptika untuk tangani situs-situs pelanggar tersebut," jelas Ahmad Ramli, Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo kepada CNNIndonesia.com melalui pesan teks, Kamis (1/3).

Namun ketika ditanyai lebih lanjut bentuk penanganan seperti apa yang akan dilakukan Kominfo bersama Ditjen Aptika, Ramli masih belum menanggapi lebih jauh.


Sebelumnya, beberapa pengguna berhasil melakukan registrasi NIK dan KK menggunakan nomor yang ditampilkan di situs ktp.us.to.


Kominfo Sebut Situs Berikan NIK dan KK Gratis PelanggaranSitus yang berikan nomor NIK dan KK gratis (Screenshot via https://ktp.bonanza.co.id/)

Situs ini bahkan memiliki situs kembaran (mirror) dengan berbagai alamat, seperti https://ktp.bnpt.go.id; https://ktp.bonanza.co.id; https://ktp.geologi.id; dan https://ktp.kopi.co.id.

Mereka yang gagal melakukan registrasi kartu prabayar dengan NIK dan KK mereka lantas mengambil kartu NIK dan KK yang disediakan oleh situs ini. Sebagian dari mereka yang mencoba menyatakan NIK dan KK yang disediakan situs tersebut membuat mereka berhasil melakukan registrasi.

Kominfo Sebut Situs Berikan NIK dan KK Gratis PelanggaranFoto: CNN Indonesia/Timothy Loen
(eks/eks)




BACA JUGA