Gabriel Marquez dan Kota Magis Mocondo dalam Google Doodle

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 06/03/2018 08:32 WIB
Gabriel Marquez dan Kota Magis Mocondo dalam Google Doodle Marquez dan gambaran Mocondo dalam Google Doodle. (Foto: Google Doodle)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sosok sastrawan penerima Nobel asal Meksiko, Gabriel García Márquez hadir dalam Google Doodle, hari ini, Senin (6/3).

Sosok Márquez dipilih menghiasi laman utama pencarian Google karena peringatan ulangtahunnya yang ke 91. Lukisan warna-warni yang menggambarkan sebuah kota lengkap dengan pasangan dan kupu-kupu yang bergerak adalah kota magis Macondo.

Kota tersebut dihidupkan lagi oleh Márquez dalam buku 'A Hundred Years of Solitude'. Kota yang dikisahkan oleh Gabo--panggilan Márquez--terletak jauh di hutan Amazon.


Melalui kanopi hijau subur dari hutan hujan yang panas dan lembab, sekilas terdapat kota cermin; sebuah kota yang terpisah dari dunia oleh hamparan air namun mencerminkan segala sesuatu. Sebuah kota yang merupakan rumah bagi keluarga Buendia dan tempat kejadian dunia aneh lainnya.
Di kota itu, ikan kecil yang terbuat dari emas murni menyilaukan mata, kupu-kupu kuning besar melayang melalui bunga, kereta kereta api sekali di bulan biru, dan satu-satunya pengunjung adalah gipsi misterius yang tahu semua yang datang dengan cerita aneh.

Lahir di Aracataca, Kolombia, Gabo dianggap salah satu penulis paling penting abad ke-20. Dalam karir kesusastraannya yang panjang, dia menulis lebih dari 25 buku, membawa pembaca ke dunia realisme magis di mana mereka berada di daerah tropis yang lembap dan lembab - yang tercetak dalam kesendirian atau perlahan-lahan dikonsumsi oleh gairah.
Perasaan aktivisme dan keberanian politik Gabo yang tajam juga membuat dia menulis sejumlah karya non-fiksi yang dengan fasih mendokumentasikan masa-masa dimana dia tinggal, 'News of a Kidnapping' menjadi salah satu yang paling terkenal di antara mereka. (age/age)