Apple Diperkirakan akan Hilangkan Takik di Layar iPhone X

Eka Santhika, CNN Indonesia | Jumat, 09/03/2018 13:18 WIB
Apple Diperkirakan akan Hilangkan Takik di Layar iPhone X iPhone X dengan takik khasnya dibagian atas layar ponsel (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple diperkirakan akan menghilangkan takik atau "poni" untuk ponsel generasi berikutnya. Saat ini takik tersebut menghiasi bagian depan layar ponsel iPhone X yang mengusung rancangan berbingkai tipis.

Takik ini tak dapat dihindari pada ponsel berbingkai tipis. Sebab, produsen ponsel masih harus menempatkan kamera dan sejumlah sensor lain di bagian depan ponselnya itu.

Takik ini sudah menjadi kritikan dari sejumlah pihak lantaran dinilai sebagai rancangan yang buruk. Apple pun sepertinya mempertimbangkan hal ini. Sebab, baru-baru ini Apple mendaftarkan paten yang diduga berkaitan dengan ponsel anyarnya yang tak lagi menggunakan takik.


Takik atau "poni" yang ada di bagian layar iPhone X yang berisi kamera dan sejumlah sensor (Apple)
Paten ini adalah penyempurnaan dari paten-paten sebelumnya yang telah terbit dengan nama yang sama sejak 2011. Secara spesifik, paten ini berhubungan dengan teknologi untuk menempatkan sensor diantra sela piksel yang ada di layar. Celah ini begitu kecil sehingga akan tersamar jika ditampatkan di layar. Secara singkat, layar itu sendirilah yang akan menjadi sensor.

Sebelumnya diperkirakan teknologi ini akan diterapkan untuk iPhone X. Tapi sayangnya, hal itu belum terjadi. Sehingga, spekulasi muncul bahwa teknologi ini akan digunakan untuk iPhone yang meluncur di 2019.

Paten ini juga menyebut bahwa Apple akan merekomendasikan informasi berdasarkan perkiraan kemana pengguna akan bepergian. Informasi mengenai tujuan pengguna ini bisa didapat misalnya dari data navigasi di aplikasi Maps.

Paten ini juga menunjukkan kemungkinan iPhone berikutnya akan menggunakan bodi keramik, demikian diberitakan Digital Trends. (eks/eks)