Samsung Merasa Belum Perlu Pakai Desain Serupa iPhone X

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Sabtu, 10/03/2018 16:55 WIB
Samsung menyebut belum merasa perlu mengadopsi desain layar 'notch' khas iPhone X pada ponsel flagship besutannya. Samsung merasa belum perlu menggunakan desain serupa iPhone X pada ponselnya. (foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desain iPhone X yang banyak diikuti produsen ternyata tak membuai Samsung. Produsen ponsel pintar asal Koera Selatan ini menyebut desain notch pada iPhone dirasa masih belum perlu diadopsi.

Alih-alih, Samsung justru merasa lebih baik membuat bingkai yang lebih tipis dibandingkan harus memberikan tukik di sisi depan ponselnya.

"Kita nggak melihat perlunya ke arah situ untuk saat ini. Kita lihat display nya kita buat lebih tipis jadi kita dorong untuk mengoptimalkan pengalaman nonton kan lebih enak kalau nggak terpotong-potong," terang Head of Product Management, IT & Mobility Business Samsung Indonesia, Denny Galant kepada CNNIndonesia.com usai peluncuran duo Galaxy S9 di Jakarta, Jumat (9/3).


Menurut Denny, usaha menipiskan bingkai di 'layar tumpah' ponsel flagship bukanlah perkara mudah. Meski hanya sedikit sekat di sisi atas ponsel, usaha yang dilakukan terhitung cukup besar.

"Meskipun beda bezel Galaxy S9 dan S8 hanya 0,2 atau 0,3 persen layar ke rasio bady antara 8:3,9 dan sekarang jadi 8:4,3 tapi usahanya lumaa karena ada banya sensor di dalamnya," ucapnya menambahkan.

Namun begitu, ia mengaku percaya diri dengan desain yang diusung Samsung. Sebab, ia mengklaim desain yang saat ini diusung memberikan kenyamanan dari sisi pengguna.

Ketika disinggung relevansi desain 'layar tumpah' dengan adopsi Android P, Denny mengatakan pihaknya belum berencana menggunakan desain layar 'berponi'. "Kita masih percaya diri dengan desain ini. Untuk mengoptimalkan kinerja dengan Android P, kita kecilin bingkainya," ucapnya.

Versi pratinjau Android P khusus pengembang baru saja diumumkan pada Kamis (8/3), salah satunya mendukung desain layar takik. Asus Zenfone 5 menjadi salah satu ponsel yang mulai menjiplak desain layar tukik khas iPhone X.

Apple diketahui sempat mempertimbangkan kritikan sejumlah pihak tentang desain layar yang dianggap buruk. Belakangan, Apple justru mendaftarkan paten yang diduga ada kaitannya dengan ponsel terbaru yang tak lagi menggunakan 'poni' di bagian atas layarnya. (evn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK