Instagram Siap Kembalikan Algoritma Lama 'Timeline'

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Selasa, 13/03/2018 18:33 WIB
Instagram Siap Kembalikan Algoritma Lama 'Timeline' Ilustrasi pengguna Instagram. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram dilaporkan akan mengembalikan lini masa pengguna sesuai urutan waktu seperti dahulu. Hal itu terlihat dari versi beta yang dicoba beberapa pengguna tertentu di Amerika Serikat.

Salah satu pengguna Gunnar Freyr (@icelandic_explorer) memposting pengalamannya dalam lini masa yang berurutan secara kronologis di Instagram story miliknya. Beberapa pengguna lainnya juga melaporkan hal yang sama.

Seperti sosial media pada umumnya, Instagram dulunya juga menampilkan konten dalam lini masanya secara kronologis. Postingan yang diposting lebih awal akan muncul paling bawah, sementara yang lebih lama akan berada paling atas.
Namun setelah beberapa waktu berlalu, platform berbagi gambar dan video pendek yang dimiliki Facebook itu menganut sistem yang dijalankan induk perusahaannya. Mereka menampilkan konten berdasarkan likes dan preferensi pengguna.


Perubahan ini didukung oleh algoritma yang secara otomatis menampilkan gambar dari orang yang berkomunikasi dengan pengguna. Akun yang baru diikuti pun mendapatkan prioritas sehingga mendorong konten lainnya lebih jauh ke bawah lini masa.

Secara logis, terlepas dari jam berapa pengguna membuka aplikasi ini maka akun yang paling disukai pengguna akan selalu ada di atas.
Tak sedikit yang memprotes lini masa semacam ini ketika pertama kali dirilis Instagram. Pasalnya, konten menjadi tak konsisten setiap kali dibuka.

Lini masa kronologis disebut GSM Arena memberikan hirarki yang jelas untuk beberapa gambar yang diposkan oleh pengguna satu demi satu terutama jika urutan itu penting bagi gambar tersebut.

Algoritma saat ini tidak hanya mengacak gambar dari akun yang berbeda namun juga mengacak lini masa gambar yang diposkan dari akun yang sama tanpa alasan logis.

Sejauh ini, tidak ada pilihan bagi pengguna untuk tidak merasakan lini masa semacam itu. Facebook mempromosikan fitur ini untuk kepentingan pengguna dan hal itu meningkatkan keterlibatan pengguna sekaligus membantu akun untuk brand.

Brand yang memakai akun Instagram tidak perlu lagi khawatir postingan mereka terkubur di suatu tempat untuk seseorang yang tinggal di zona waktu yang berbeda.
Untuk sementara, belum diketahui apakah Instagram akan menampilkan lini masa kronologis sebagai pilihan atau sepenuhnya kembali seperti dahulu. Belum terdapat informasi pula kapan pembaruan ini akan dirilis secara resmi di seluruh dunia. (age/age)