Tujuh Informasi 'Rahasia' Penuh Makna di Balik NIK dan KK

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 14/03/2018 09:16 WIB
Tujuh Informasi 'Rahasia' Penuh Makna di Balik NIK dan KK Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ada alasan mengapa nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) penting dijaga. Pasalnya, setiap angka dari NIK memuat informasi.

Aktivis internet Damar Juniarto menjelaskan ada sejumlah informasi tersembunyi dari nomor-nomor tersebut. Setidaknya ada tujuh informasi di dalamnya. Berikut rinciannya:

1. Dua angka pertama dari depan adalah kode provinsi


2. Dua angka kedua adalah kode kota/kabupaten

3. Dua angka ketiga adalah kode kecamatan

4. Dua angka keempat adalah kode tanggal lahir

5. Dua angka kelima adalah bulan lahir

6. Dua angka keenam adalah tahun lahir

7. Empat angka di buntut adalah nomor komputerisasi

Pada KK pun tak berbeda jauh meski tak disimbolkan langsung di angka seperti NIK. Damar menjelaskan dalam KK tetera informasi sensitif mulai dari NIK anggota keluarga, nama ibu kandung, tempat dan tanggal lahir, pendidikan, pekerjaan, dan status perkawinan.

"Saya belum mengerti kenapa registrasi ini membutuhkan kartu keluarga," ucap Damar yang menjabat koordinator SAFEnet.
Proses registrasi kartu prabayar menjadi sorotan belakangan ini karena ada aduan dari masyarakat yang mendapati datanya dieksploitasi oleh orang asing. Salah satu korban dari penyalahgunaan data itu adalah pelanggan Indosat Ooredoo yang mengaku NIK miliknya didaftarkan 50 nomor prabayar tak dikenal.

Nihilnya mitigasi penyalahgunaan data ini menjadi perhatian. Damar melihat pemerintah belum menyiapkan langkah mitigasi jika terjadi penyalahgunaan data. (age/asa)