Komunitas

Dari Ekspansi Sampai Jajal Motor Marc Marquez

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 19/03/2018 17:46 WIB
Dari Ekspansi Sampai Jajal Motor Marc Marquez Komunitas Honda CBR250RR di acara Track Day Honda CBR Community beberapa waktu lalu. (Dok. Astra Honda Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengisi kegiatan di akhir pekan dapat dilakukan melalui cara yang beragam. Salah satunya berkumpul bersama rekan sesama anggota komunitas.

Acara yang dilakukan oleh masing-masing komunitas kendaraan tentu bermacam-macam. Entah itu hanya berkumpul di suatu tempat, atau bahkan beramai-ramai menjelajah ke suatu daerah.

Dan kali ini CNNIndonesia.com telah merangkum pelbagai kegiatan dari para komunitas kendaraan, baik itu roda dua maupun empat selama beberapa pekan terakhir.
Komunitas Honda CBRKomunitas Honda CBR (Dok. Astra Honda Motor)
Komunitas Honda CBR

Berjenis motor sport, Honda CBR punya pecintanya sendiri. Mereka pun memiliki kegiatan yang tidak jarang diadakan oleh Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen motor tersebut.

Kini acara yang dihelat dan diikuti oleh komunitas CBR itu bernama 'Track Day Honda CBR Community'. Acara berisi edukasi tentang dunia balap. Kegiatan pun berlangsung mulai Maret hingga Juli 2018. Acara pertama akan diselenggarakan dimulai di Sirkuit Bung Tomo, Surabaya dan Sirkuit Pancing.

Pada kegiatan ini para pengendara sepeda motor tergabung dalam komunitas CBR mendapatkan teori balap yang disampaikan langsung oleh pebalap binaan AHM dan dealer. Pebalap juga akan memberikan teori teknik-teknik balap seperti speeding, cornering, dan braking.

Pada acara ini juga turut ditampilkan sepeda motor versi jalanan dari Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yaitu Honda RC213V-S. Honda RC213V-S dikembangkan dengan konsep 'Total Control' yang juga menjadi dasar pengembangan Honda CBR250RR.
Komunitas Suzuki GSXKomunitas Suzuki GSX (Dok. Suzuki)
Komunitas Suzuki GSX

Bertempat di Pondok Halimun Selabintana, Sukabumi, Jawa Barat, klub Suzuki GSX Club Indonesia (GCI) mulai berekspansi di Sukabumi, dengan nama GSX Club Indonesia chapter Sukabumi. Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Wakil Walikota Sukabumi.

Selami Founder GCI, Halim dan Fachrurazi selaku Ketua GCI Regional Jawa Barat pun mempercayakan Yayan Rasyanto untuk menjadi Ketua GCI chapter Sukabumi dan memimpin 32 orang personil gelombang awal yang seluruhnya adalah pemilik Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150.
Komunitas Toyota AgyaKomunitas Toyota Agya (Dok. Toyota)
Komunitas Toyota Agya

Selain komunitas GSX, pemilik kendaraan Agya yang tergabung dalam Toyota Agya Club (TAC) juga menambah jumlah chapter. Bertempat di Auto2000 Jombang, Jawa Timur, TAC chapter Jombang di Deklarasikan. Ini menjadi chapter ke-36 TAC.

Selain perwakilan pengurus pusat TAC dan hadir pula anggota TAC se-Jawa timur seperti chapter Surabaya, Bojonegoro, Kediri, Blitar dan tentunya anggota TAC di daerah Jombang sendiri.

Acara ini dihadiri Satlantas Jombang, POJ (Paguyuban Otomotif Jombang), Saec, Maxxio, Mobilio Indonesia Jombang dan lainnya. Mereka juga sempat konvoi bersama menuju makam Gusdur di Jombang.
Komunitas YRFIKomunitas YRFI (Dok. Yamaha)

Komunitas YRFI

Setelah mengenalkan varian skuter matik terbarunya kepada masyarakat, yaitu Lexi, Yamaha Indonesia turut mengenalkan motornya kepada komunitas Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI).

Berbagai klub motor Yamaha yang hadir mendengarkan penjelasan detail mengenai Lexi.

"Acaranya sekaligus untuk gathering dan silaturahmi komunitas. Kami jadi tahu lebih mengenai Lexi. Buat komunitas tipe motor Yamaha apapun, bagus bagi kami untuk tahu tentang tipe motor Yamaha. Apalagi dalam workshop ini juga disampaikan tentang safety riding yang sangat penting dan bermanfaat," tutup Ketua YRFI Depok Adri Juniharto. (mik)