Google Doodle Hadirkan Sosok Bapak Film Nasional Usmar Ismail

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 09:32 WIB
Google Doodle Hadirkan Sosok Bapak Film Nasional Usmar Ismail (Foto: Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google Doodle kembali menampilkan tokoh ikonik Indonesia dalam laman pencariannya. Kali ini, Google membawa penggunanya merayakan hari ulang tahun ke-97 Usmar Ismail.

Digambarkan sebagai sosok laki-laki berkacamata yang sedang membawa kamera film 'jadul', Usmar dikenal sebagai Bapak Film Nasional.

Karya-karyanya menghiasi layar bioskop Indonesia sejak 1949 hingga 1970. Beberapa film klasiknya yang terkenal adalah Pedjuang (1960) dan Enam Djam di Djogdja (1951).
Film Pedjuang menjadi film pertama karya anak bangsa yang diputar di festival film internasional. Film ini mendokumentsaikan kemerdekaan Indonesia dari Belanda dan ditanyangkan dalam Festival Film Internasional Moskwa ke-2.


Selain kedua film tersebut, karya besar lainnya adalah film Tiga Dara yang keluar pada 1956. Belum lama ini, film tersebut direstorasi 4K dan kembali ditampilkan di bioskop nasional.

Suksesnya film ini pun menjadi inspirasi Produser Nia Dinata dan mengeluarkan film drama musikal Ini Kisah Tiga Dara. Atas karya dan pengabdian di dunia seni, Usmar Ismail pernah mendapatkan Piagam Wijayakusuma dari Presiden Soerkarno.
Dia pun pernah mendapatkan Anugerah Seni dari Pemerintah RI. Dalam laman resmi Doodle, Google menyebutkan Usmar Ismail menaburkan benih untuk pertumbuhan dunia teater dan film di Indonesia.

Usmar Ismail menutup usia pada umur 49 karena serangan stroke. Hingga sekarang, namanya dikenang menjadi nama gedung pusat perfilman, yakni Pusat Perfilman H. Usmar Ismail. (age/age)