Fitur Baru Google Maps Rilis Rute Khusus Motor hingga CFD

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 20/03/2018 19:02 WIB
Fitur Baru Google Maps Rilis Rute Khusus Motor hingga CFD Google Maps kini dibekali fitur rute motor hingga ganjil-genap. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google menambah sejumlah 'amunisi' di aplikasi Google Maps versi terbaru. Mulai sekarang, pengguna Google Maps bisa mengetahui jalan mana yang bisa dilintasi meski ada kegiatan khusus seperti car free day atau pemberlakuan ganjil-genap.

Google Maps resmi memperkenalkan tiga fitur terbaru. Ketiganya adalah fitur yang berkenaan dengan hari bebas kendaraan (car free day), sistem ganjil-genap, serta rute khusus sepeda motor.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen, mengatakan tiga fitur ini masuk sebagai pendekatan kunci dalam berbisnis di dunia internet.

"Ada dua pendekatan kunci, pertama adalah mobile-only dan kedua adalah konten yang relevan dengan lokal," kata Keusgen dalam kata sambutannya di Jakarta, Selasa (20/3).

Car Free Day

Sistem baru di Google Maps mengenali car free day yang rutin setiap Minggu di Jakarta. Sehingga apabila ada seseorang yang ingin mencari rute ke Monumen Nasional lewat Jalan Sudirman, ia akan dialihkan ke rute lain karena Google Maps sudah mengenali ada kegiatan car free day di jalan itu.

Pengenalan car free day ini tak hanya ada di Jakarta. Google Maps menyebut sudah mendata car free day di 30 kota di Indonesia dan ada kemungkinan akan meluas seiring waktu.

Fitur ini tak memerlukan usaha dari pengguna. Algoritme Google Maps sudah menghitung secara otomatis ketika car free day berlangsung sehingga rute yang dipilih tak akan salah.


Sistem Ganjil-Genap

Sistem ganjil-genap adalah kebijakan lalu lintas di sejumlah ruas jalan di ibu kota. Kini Google Maps punya opsi memilih rute berdasarkan penerapan sistem ganjil-genap.

Cara pakainya sederhana. Tentukan lokasi tujuan dan titik keberangkatan seperi biasa, lalu aplikasi akan menampilkan bendera yang menyuguhkan opsi pengguna memiliki kendaraan berpelat nomor ganjil atau genap. Selesai memilihnya, peta langsung menampilkan rute tercepat yang bisa dilalui sesuai dengan pelat nomor kendaraan.

Rute Khusus Motor

Dari ketiga fitur baru Google Maps, rute khusus sepeda motor menjadi yang paling penting. Jumlah pengguna sepeda motor yang besar dan makin populernya ojek online di Indonesia mendorong Google Maps menciptakan rute khusus motor ini.

"Kami membuatnya selama 12 bulan, menambahkan 29.000 jalan baru sepanjang 3.000 kilometer," kata Group Product Manager Google Maps, Krish Vitaldevara. (evn/evn)