Toyota Tanggapi VTA Indonesia untuk Ekspor Mobil ke Vietnam

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Kamis, 22 Mar 2018 08:32 WIB
Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyambut keputusan Vietnam yang menyetujui VTA dari pemerintah Indonesia. Pabrik Toyota di Karawang, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Tachta Citra Elfira)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sertifikat laik jalan atau vehicle type approval (VTA) kendaraan-kendaraan dari Indonesia telah disetujui oleh pemerintah Vietnam. Dengan begitu, ekspor mobil yang beberapa bulan ini terhenti bisa dipastikan akan kembali berjalan.

Sebagai salah satu produsen di dalam negeri yang mengekspor mobilnya secara utuh ke Vietnam, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menyambut keputusan Vietnam yang menyetujui VTA dari pemerintah Indonesia.

Director Administration Corporate & External Affairs TMMIN Bob Azzam menjelaskan menyusul persetujuan VTA tersebut agar aktivitas ekspor mobil ke Vietnam dapat dilakukan secepatnya.


"Ya secepatnya (ekspor mobil ke Vietnam). Kami sudah tiga bulan berhenti ekspor," kata Bob kepada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, kemarin.

Bob melanjutkan bahwa pihaknya berharap agar tidak ada kendala di lapangan.

Satu sisi, Toyota dijelaskan Bob berharap agar pemerintah Vietnam tidak memberlakukan sistem kuota baru dampak dari keterbatasan mereka dalam melakukan pemeriksaan saat proses shipping atau pengiriman barang, ini termasuk kapasitas pelabuhan dan pengecekan.

"Yang diatur oleh 166 Degree Pemerintah Vietnam utamanya ada dua, VTA dan lot by lot checking. Untuk VTA G to G (government to government) rampung, tapi lot by lot checking-nya kami lihat nanti kondisi lapangannya," ucap Bob.

"Cek lot by lot itu pengecekan yang dilakukan setiap jenis tipe kendaraan untuk setiap lot pengiriman," ujar Bob.

Sebelumnya diberitakan ekspor kendaraan ke Vietnam terbentur oleh Prime Minister Degree No. 116/2017/ND-CP dan Circular No. 04/2018/TT-BGTVT atau keputusan tentang persyaratan manufaktur, perakitan dan impor kendaraan bermotor, perdagangan jasa jaminan dan pemeliharaan kendaraan bermotor di Vietnam. (mik/mik)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER