Pemindai Wajah Android Tertinggal Dua Tahun dari iPhone X

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 06:52 WIB
Pemindai Wajah Android Tertinggal Dua Tahun dari iPhone X Ilustrasi pemindai wajah (Screenshoot Apple.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Teknologi pemindai yang dimiliki iPhone X disebut-sebut masih terlampau mahal untuk diimplementasikan oleh perangkat Android. Selain itu, teknologi pemindai Face ID iPhone X dinilai dua tahun lebih maju dari teknologi pemindai wajah para produsen Android saat ini.

Untuk itu, produsen perangkat Android berebut mengembangkan sensor pemindai jari bawah layar (underdisplay/in-display), seperti dilansir dari sumber Digitimes.

Salah satunya seperti yang dilakukan Huawei untuk produk Mate 11. Teknologi pemindai bawah layar besutan Qualcomm ini menggunakan teknologi ultrasonic untuk mengenali sidik jari pengguna.


Sebelumnya, Apple sempat dikabarkan akan mengadopsi teknologi pemindai sidik bawah layar ini. Namun, akhirnya teknologi itu tak dipakai saat iPhone X meluncur. Smartphone ini diluncurkan dengan menggunakan pemindai wajah, FaceID.

Teknologi pemindai wajah Android disebut-sebut tertinggal dua tahun dari Apple. Namun, teknologi yang ada tetap tidak akan mampu mengalahkan kamera True Depth yang jadi fitur utama perangkat andalan Apple tersebut.

Teknologi Android juga dinilai lebih primitif karena hanya bisa digunakan untuk membuka perangkat dan belum bisa digunakan untuk layanan pembayaran mobile seperti iPhone X.

Menurut salah satu pengamat Apple, Ming-Chi Kuo, salah satu produsen Android yang mungkin menerapkan teknologi 3D-sensing seperti iPhone X adalah Huawei. Huawei diperkirakan akan mulai mengaplikasikan sensor tiga dimensi ini tahun depan.

Ia memprediksi Huawei pertama-tama akan menggunakan teknologi pemindai dengan struktur cahaya seperti kamera TrueDepth iPhone X. Lalu mulai menggunakan sensor time-of-flight (ToF) yang lebih kecil dan murah pada kuartal dua atau tiga tahun depan.

"Kami kira ToF akan menjadi fitur pemindai wajah yang umum di Android, selama hasil produksi dan kualitas pemindaian tak jadi masalah besar," terang Kuo, seperti dikutip BGR

Fitur FaceID yang ditawarkan iPhone X membuat pengguna tak perlu lagi menyentuh layar untuk membuka kunci perangkatnya. Cukup sejajarkan ponsel dengan wajah, maka kunci akan terbuka.

Setelah FaceID digunakan di iPhone X, kabarnya Apple akan menjajal teknologi ini ke Apple Watch 4 dan iPad baru, seperti dilaporkan T3. (btg)