Apple Luncurkan iPad Lebih Murah untuk Pelajar

Rinaldy Sofwan, CNN Indonesia | Rabu, 28/03/2018 00:33 WIB
Apple Luncurkan iPad Lebih Murah untuk Pelajar Ilustrasi iPad Pro. Apple meluncurkan tablet khasnya dalam model baru dengan harga yang lebih murah untuk pelajar. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple meluncurkan tablet iPad baru lewat acara edukasi yang digelar Chicago. Bakal tersedia di Apple Store mulai hari ini, gawai atau gadget tersebut dijual dengan harga yang lebih murah untuk pelajar.

Tablet itu dijual dengan harga $299 atau Rp4,1 juta untuk sekolah-sekolah dan $329 atau Rp4,5 juta untuk konsumen umum. iPad terbaru ini bisa digunakan dengan Apple Pencil yang dijual dengan harga $89 atau Rp1,2 juta untuk sekolah dan $99 atau Rp1,3 juta untuk konsumen.

Peluncuran ini menyusul rumor yang menyebut Apple akan meluncurkan iPad baru dengan harga lebih murah dan keputusan untuk memangkas harga tablet berukuran 9,7 inci pada tahun lalu. Namun, tampaknya gadget yang baru diluncurkan bukanlah perangkat yang ramai dibicarakan itu.


Dilaporkan The Verge, iPad baru yang tersedia dalam warna perak, abu dan emas ini dilengkapi dengan Touch ID, kamera FaceTime HD, daya tahan baterai 10 jam, kamera belakang 8 megapiksel, opsi LTE dan chip Apple A10 Fusion.

Menurut situs teknologi itu, tablet tersebut akan menjadi senjata Apple melawan Google Chromebook. Lima tahun lalu, iPad dan Macbook perusahaan yang didirikan Steve Jobs menguasai pasar pendidikan Amerika Serikat dengan angka 50 persen.
Belakangan, Apple merosot tertinggal oleh Google dan Microsoft, dengan Chromebook yang menempati 60 persen ruang kelas di AS. Sementara, untuk mendapatkan iPad baru dengan papan tik dan Apple Pencil ini, dibutuhkan dana $450-masih lebih mahal dari Chromebook termurah yang mulai bisa digunakan dengan Stylus.

Vice president of product marketing Apple, Greg Joswiak, menyebut ada 200 ribu aplikasi edukasi dan model iPad yang populer adalah yang berukuran 9,7 inci.

Apple memanfaatkan statistik tersebut dengan iPad baru yang mendukung Apple Pencil. Stylus itu sebenarnya sudah diperkenalkan sejak dua tahun lalu, tapi hanya bisa digunakan dengan model tablet yang lebih mahal, iPad Pro.

(aal)