Gaya Komunitas Menjaga Kekompakan Sesama Member

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 30/03/2018 16:50 WIB
Gaya Komunitas Menjaga Kekompakan Sesama Member Pemilik Yamaha touring dari Sabang - Medan. (Dok. Yamaha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah komunitas motor dan mobil kerap mengadakan kopi darat atau kumpul-kumpul bertujuan untuk memperatkan tali silaturahmi sesama member. Umumnya kegiatan kopdar antar sesama anggota komunitas dilakukan pada akhir pekan atau libur panjang.

Karena tujuannya menjalin tali persaudaraan, tak jarang dari mereka merencanakan agenda touring jarak pendek atau jauh yang dinilai sangat bermanfaat bagi sesama member. Salah satunya pemilik Yamaha Tmax, Xmax, Nmax dan Aerox 155.

Para pemilik Maxi Yamaha itu mengikuti acara 'Maxi Yamaha Tour de Indonesia' yang digelar Yamaha Indonesia. Fokus acara kali ini adalah menjelajahi alam Indonesia dan berbagi cerita serta kepedulian untuk masyarakat dan lingkungan.


Maxi Yamaha Tour de Indonesia sendiri merupakan touring estafet dalam lima etape di rute barat dan lima etape di rute timur mulai 28 Maret sampai 7 Juli 2018. Jawa Tengah akan menjadi lokasi finis Maxi Yamaha Tour de Indonesia. Rute touring ini pun diselaraskan dengan kota-kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan 'Maxi Yamaha Day'. Jadi selain touring juga ambil bagian memeriahkan acara Maxi Yamaha Day 2018.

Rombongan etape pertama dari Sabang ke Paropo sudah memulai perjalanannya pada Rabu, 28 Maret 2018. Pada rangkaian etape perdana ini juga dilaksanakan donasi buku dan uang tunai ke perpustakaan Terapung di Kampung Nelayan Belawan, Medan.

"Selain menjelajahi alam di Indonesia yang terkenal dengan pariwisata dan keramahan masyarakatnya, Maxi Yamaha Tour de Indonesia juga bertujuan untuk mempererat persaudaraan dan kekeluargaan komunitas Yamaha. Kami ingin memberikan pengalaman tak terlupakan dekat dengan alam nusantara bersama motor-motor Maxi Yamaha," kata Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Eddy Ang.
Royal Riders Indonesia(Dok. Royal Riders Indonesia)
Sementara Royal Riders Indonesia (RORI), sebuah komunitas penggemar motor Royal Enfield, baru saja selesai melakukan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat sekitar berupa bantuan kepada anak-anak asuh Masjid Al-Ittihad, terutama bagi 75 anak-anak yang diasuh di Masjid di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini merupakan cerminan dari karakter RORI yang ingin mengedepankan peran komunitas penggemar roda dua sebagai bagian dari masyarakat yang terus melakukan pelayanan terhadap sesama.

"Kami membuat acara charity ride untuk memupuk silaturahmi antar sesama dan berusaha memberikan pandangan positif bagi masyarakat terhadap komunitas atau club motor" Presiden RORI Donny Hendaris.

Ketua Panitia Bakti Sosial RORI Ariq Ranggam Maulana menambahkan bahwa "Dalam bakti sosial ini,kami memberikan santunan perlengkapan sekolah, perlengkapan salat dan uang saku pada setiap anak. Tujuannya untuk memberikan semangat untuk melanjutkan pendidikan kepada mereka."
Toyota Agya Club(Dok. Toyota Agya Club)
Komunitas mobil tergabung dalam Toyota Agya Club (TAC) juga punya aksi yang tak kalah seru. Mereka ikut gerakan sukses atlet Indonesia dalam rangka menyambut Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Dalam agenda mereka, pengguna dan pemilik Toyota Agya mengikuti gerakan "Sukses Atlet Indonesia" pada Car Free Day, Minggu (18/3) di seputaran Bundaran HI, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri belasan member TAC yang berbaur bersama puluhan komunitas otomotif dan masyarakat.

Di samping itu tersedia spanduk sepanjang kurang lebih 300 meter yang penuh dengan tanda tangan, dukungan, doa dan harapan dari masyarakat yang hadir pada CFD, termasuk juga ratusan perwakilan member komunitas otomotif yang ikut menyemarakkan kegiatan ini.

"Kami semua baik member TAC, komunitas-komunitas otomotif dan masyarakat, hadir untuk memberikan semangat, dukungan dan doa serta berharap agar atlet Indonesia yang berlaga nanti dapat memberikan hasil terbaiknya" tutup Ketua Umum TAC Lukman. (mik)


BACA JUGA