Tips Otomotif

Cara Mudah Menjaga Kebersihan Helm

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 02/04/2018 10:01 WIB
Cara Mudah Menjaga Kebersihan Helm Ada cara mudah yang bisa dilakukan sendiri untuk menjaga kebersihan helm. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tanpa disadari, helm kerap menjadi perlengkapan yang paling diabaikan perawatannya oleh pengguna sepeda motor. Padahal, ketika digunakan sehari-hari helm bisa mengeluarkan bau tak sedap dari keringat dan debu.

Selain memanfaatkan jasa pencucian helm untuk merawat kebersihannya, ada cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Brand Ambassador Cargloss Group Eric Saputra menjelaskan langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan seluruh komponen yang melekat, termasuk busa pipi.


Langkah berikutnya yakni membahasi bagianyang sudah dilepas, kemudian disikat atau dikucek menggunakan sabun untuk mengankat kotoran. Jika sudah bersih, bisa dijempur di bawah sinar matahari atau keringkan menggunakan pengering rambut (hair dryer).

Eric meyebut tidak ada perlakuan atau alat khusus untuk mencuci helm di rumah. Cukup menggunakan peralatan seadanya untuk merawat kebersihan helm.

"Helm itu bagian dalamnya tidak apa-apa nyucinya pakai sabun cuci, disikat juga tidak apa-apa dan itu tidak akan merusak kok," kata Eric saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Jumat (30/3).

Jika bagian sudah bersih, pastikan Anda juga merawat bagian luarnya. Kotoran di kaca bisa dilap hingga ke bagian sudut-sudut.

Setelah semuanya bersih, Anda bisa memasang kembali semua komponen. Pastikan semuanya terpasang dengan sempurna.

"Jangan sampai bisa melepas, malah tidak bisa memasang kembali. Soalnya, banyak yang cuci helm sendiri tapi pas dipasang tidak pas posisinya (agak miring terasa saat dipakai)," ucapnya.

Ia juga memberikan saran saat helm tidak dipakai, sebaiknya disimpan di dalam tas helm yang didapat ketika pertama kali membeli. Jangan lupa, masukkan silica gel di dalamnya untuk menjaga suhu tetap lembab. (evn)