Apple Disebut Setop Pakai Cipset Intel

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 09:43 WIB
Apple Disebut Setop Pakai Cipset Intel Apple dikabarkan tak lagi menggunakan Intel untuk Mac terbarunya yang dirilis 2020 mendatang. (dok. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan berencana menyetop penggunaan cipset Intel untuk Mac terbarunya. Sebagai pengganti, Mac yang dirilis mulai awal 2020 nanti akan menggunakan cipset buatan Apple sendiri.

Rencana tersebut sejauh ini kabarnya masih dalam tahap pengembangan awal.

Inisiatif menggunakan cipset buatan Apple-- dikenal dengan kode bernama Kalamata ini kabarnya jadi strategi besar untuk bisnis peranti keras perusahaan.


Namun, perubahan di sisi peranti lunak kabarnya akan dimulai sebelum memasuki 2020. Salah satunya terlihat dari integrasi fitur 'file manager' yang terdapat pada iOS dan macOS.

Selain Mac, sumber terdekat yang identitasnya dirahasiakan menyebut strategi serupa juga akan diterapkan untuk iPhone dan iPad.

Perubahan ini akan berpengaruh besar bagi bisnis Apple. Terlebih, Intel jadi satu-satunya pemasok untuk komponen utama Mac, iPhone, iPad, Apple Watch, hingga Apple TV.

Di sisi lain, keputusan ini kemungkinan besar memberi peluang bagi Apple memperkenalkan lebih banyak model.

"Kami rasa Apple tengah mencari cara untuk mengintegrasikan platform peranti lunak dan peranti keras mereka, salah satunya terlihat dari pengeluaran biaya riset dan pengembangan yang lebih besar," ungkap analis Cross Research, Shannon Cross kepada Bloomberg.

Keputusan untuk mengakhiri kerjasama ini tak pelak akan memengaruhi bisnis Intel lantaran Apple berkontribusi sekitar 5 persen dari pendapatan tahunan Intel. (evn)