Google Bakal Rilis Ponsel Pixel Lebih Ramah Kantong di India

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Selasa, 03/04/2018 11:04 WIB
Google Bakal Rilis Ponsel Pixel Lebih Ramah Kantong di India Google dikabarkan akan memboyong Pixel yang lebih murah ke pasar India. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google dikabarkan segera melebarkan produksi Pixel ke versi lebih murah. India menjadi negara tujuan jenis Pixel baru tersebut.

Sebagai salah satu pasar yang sensitif dengan harga, India adalah pasar terbesar kedua setelah China. Sementara pasar China sulit dijamah oleh produsen ponsel cerdas, India adalah medan bertarung para vendor ponsel dari seluruh dunia.

Sejauh ini, produsen asal China seperti Xiaomi, Oppo, dan Vivo, adu kuat dengan Samsung untuk menguasai pasar India.

Berdasarkan laporan The Economic Times, empat eksekutif Google di India mengatakan Pixel dengan harga terjangkau akan meluncur pada Juli atau Agustus tahun ini. Harga yang dibanderol akan berada di kisaran menengah, cukup untuk bersaing dengan ponsel semacam Xiaomi Mi A1.

"Google tertarik melebarkan bisnis produknya di India dengan memanfaatkan semakin murahnya jaringan 4G oleh Reliance Jio dan operator lain yang bisa memaksimalkan potensi produk ini," tukas seorang perwakilan ritel India.

Sepanjang 2017, Google hanya berhasil memasarkan 3,9 juta unit Pixel. Jumlah ini sangat kecil bila dibandingkan pemain-pemain raksasa lainnya.

Apple berhasil menjual 216,76 juta iPhone selama tahun fiskal 2017, sementara Samsung di kuartal kedua 2017 saja sudah menjual 79,8 juta unit.

Menciptakan Pixel yang lebih terjangkau disebut strategi Google untuk menyentuh pasar yang lebih luas. Harapannya, ketika nama Pixel murah itu mulai diakui keberadaannya oleh pasar India, penjualan ponsel flagship mereka juga ikut terdongkrak.

Selain Pixel baru, Google juga dikabarkan akan memboyong speaker cerdas Google Home dan Home Mini, laptop Pixelbook, dan produk-produk Internet of Things (IoT) lainnya ke negeri Shah Rukh Khan tersebut. (evn)