Youtube Jadi Aplikasi Media Paling Populer di Indonesia

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Jumat, 06/04/2018 20:43 WIB
Google menyebut bahwa lebih dari sepertiga pengguna internet Indonesia mengakses Youtube, membuatnya jadi aplikasi media terpopuler di Indonesia. Lebih dari sepertiga pengguna internet Indonesia gemar membuka aplikasi Yotube dan mengaksesnya lebih dari 42 menit sehari (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi Youtube jadi aplikasi media paling populer di Indonesia. Sebab, lebih dari sepertiga pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan Youtube. Ini terbukti dari data Google yang menyebut bahwa terdapat 50 juta pengguna aktif YouTube per bulannya dari total 146 juta pengakses internet di Indonesia.

Gandrungnya orang Indonesia mengakses Youtube juga terlihat dari pertumbuhan pengguna YouTube di jaringan XL. Data XL Axiata meyebut bahwa pengguna Youtube di jaringannya naik 77 persen pertahun.

Dalam sehari, orang Indonesia rata-rata menggunakan Youytube 42,4 menit. Durasi waktu itu meningkat 155 persen pertumbuhan dari waktu menonton di tahun sebelumnya. Sementara, 75 persen trafiknya berasal dari seluler.


Tak cuma Youtube, Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses juga menyebut bahwa layanan video streaming seperti iFlix juga diminati.

"Saat ini minat masyarakat Indonesia, termasuk pelanggan XL Axiata, untuk mengakses layanan video streaming terus meningkat. Konten video tidak lagi dianggap sebagai sarana hiburan semata namun juga sebagai sarana dan konten edukasi," ujarnya dalam acara peluncuran di Kota Kasablanka, Jumat (6/4).

Dongkrak penggunaan data

Untuk mendongkrak penggunaan data, XL lantas menggandeng Evercoss untuk meluncurkan perangkat dengan harga terjangkau yang manawarkan akses YouTube dan iFlix.

Keduanya meluncurkan smartphone 4G Xtream. Ada dua ponsel yang meluncur, Xtreme 1 dan 1 Plus. XL memaketkan kuota YouTube unlimited dan akses iFlix tanpa biaya berlangganan selama setahun.

Namun, XL enggan mengungkap kenaikan target penggunaan data dengan penjualan produk ini. Pihaknya hanya mengungkap ingin melebihi kompetitor.

Suryadi Willim selaku Head Marcomm Evercoss mengatakan bahwa pihaknya menargetkan setidaknya ponsel ini akan terjual sebanyak 600 ribu unit dalam setahun. Selain itu dia juga mengungkap bahwa Evercoss dan XL akan merilis dua ponsel Xtreme lainnya.

"Rencananya sama XL akan ada 4 (tipe) Xtreme. Tahun ini semua rilisnya. Kerjasama seperti ini membuat kami menjadi brand yang lebih inovatif," ujar Suryadi.

Berikut spesifikasi dari Xtreme 1 dan 1 Plus.

Xtreme 1Xtreme 1 Plus
ChipsetSpreadtrum quad core 1,3GGHzSpreadtrum quad core 1.3GHz
Layar4,5 inci5,5 inci
Kamera Utama5MPKamera ganda 8MP+2MP
Kamera Depan2MP8MP
Baterai1.700 mAh2.650 mAh
Memori1GB RAM/8GB ROM1GB RAM/8GB ROM
Slotdual SIM 4G
Sistem operasiAndroid NougatAndroid Nougat
Fitur lainFace unlockBisa OTG, face unlock, fingerprint
HargaRp 649 ribuRp 939 ribu




(eks/eks)